Share

Dear Calon Jamaah Umrah, Ini Tips Pilih Travel agar Tak Tertipu

Widya Michella, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2022 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 398 2684707 dear-calon-jamaah-umrah-ini-tips-pilih-travel-agar-tak-tertipu-62z7mspN8K.jpg Ilustrasi Jamaah Haji (Foto: MCH)

JAKARTA - Tips memilih travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) agar tidak tertipu. Hal ini penting dilakukan bagi setiap calon jamaah umrah yang ingin berangkat ke Tanah Suci.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Nur Arifin meminta agar calon jamaah memastikan PPIU atau travel yang berizin dengan prinsip "Lima Pasti Umrah".

"Jamaah berhak untuk memastikan layanan PPIU dengan 5 Pasti Umrah: yaitu pasti berizin Kemenag, pasti tiket pesawat dan jadwal penerbangannya, pasti harga dan paket layanannya, pasti akomodasinya selama di Arab Saudi, dan pasti visanya,” ujar Nur Arifin dikutip dalam laman resmi Kemenag, Selasa (11/10/2022).

BACA JUGA:300 Lebih Jamaah Umrah Gagal Berangkat ke Tanah Suci, Kemenag Panggil Travel hingga Ancam Beri Sanksi 

Arifin menjelaskan ekosistem dalam penyelenggaraan ibadah umrah. Dimana Kemenag berperan dalam memberikan izin dan melakukan akreditasi, melakukan pengawasan dan penyelesaian masalah umrah.

Selain Kemenag,kata Nur Arifin, ada beberapa pihak lain yang turut berperan dalam ekosistem penyelenggaraan ibadah umrah.

“Tentu saja ada pihak lain yang memiliki perannya masing-masing. Ada pihak imigrasi yang berwenang dalam menerbitkan paspor dan melakukan final clearance di bandara berdasarkan SISKOPATUH (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji khusus),” katanya.

“Pihak lainnya adalah Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah (BPS BPIU) dan penyedia asuransi,” kata Nur Arifin.

Dengan demikian, dia mengimbau kepada calon jamaah untuk melakukan pengecekan PPIU berizin di Kemenag. Hal ini pun jufa dapat dilakukan oleh jamaah dengan meng-install aplikasi Umrah Cerdas di perangkat seluler masing-masing.

“Harapannya dengan kegiatan ini, PPIU yang baru saja mendapat izin baru dapat memahami kebijakan-kebijakan serta isu-isu terbaru terkait penyelenggaraan ibadah umrah, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang berarti di kemudian hari dan jamaah pun dapat beribadah dengan aman dan lancar,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini