Share

Tanggapan Wapres soal Vaksin Meningitis Langka: Siapkan Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampa Jamaah Gagal Umrah

Binti Mufarida, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 398 2678017 tanggapan-wapres-soal-vaksin-meningitis-langka-siapkan-sesuai-kebutuhan-jangan-sampa-jamaah-gagal-umrah-2ddwLDT0rF.jpg Wapres Ma'ruf Amin/Okezone

SIDOARJO - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin memastikan pemerintah akan menyiapkan vaksin Meningitis sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak ada jamaah Umrah yang gagal berangkat ke Tanah Suci.

Hal ini diungkapkan Wapres merespons adanya kelangkaan vaksin Meningitis yang menyebabkan sejumlah jamaah Umrah gagal berangkat ke Tanah Suci.

“Kita harus menyiapkan (vaksin) Meningitis itu sesuai kebutuhan. Nah, ini nanti yang harus kita bicarakan jangan sampai orang Umrah terkendala oleh karena tidak ada meningitis,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (30/9/2022).

Wapres pun mengungkapkan bahwa vaksin Meningitis ini masih menjadi keharusan bagi jamaah Umrah ke Tanah Suci.

“Ya, ini masalahnya itu kan ada dua, masalah keharusan ada Meningitis jamaah yang masuk Saudi kan kalau dulu itu ada keharusan, kalau ada keharusan berarti harus di Meningitis, kalau tidak (divaksin) tidak bisa masuk Saudi,” katanya.

Pemerintah, kata Wapres, akan melakukan pengecekan mengapa vaksin Meningitis di Indonesia yang seharusnya menjadi persyaratan jamaah Umrah langka di Indonesia.

“Nanti kita akan cek lagi kenapa. Kecuali misalnya kalau di Saudi tidak lagi wajib, kalau tidak wajib lagi di vaksin meningitis berarti ya orang tanpa divaksin bisa ke sana," tambahnya.

“Nah ini yang harus jelas apakah kewajiban masih ada kalo ga ada tidak masalah kalau tidak ada tidak masalah. Tapi kalau masih ada maka kita harus mengadakan (vaksin), kalau tidak terkendala. Akan kita bicarakan,” papar Wapres.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini