Share

Menag Undang Menteri Haji Arab Saudi ke Indonesia, Negosiasi Biaya Masyair 2023

Widya Michella, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 398 2658952 menag-undang-menteri-haji-arab-saudi-ke-indonesia-negosiasi-biaya-masyair-2023-NRB0cq1sv5.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto : Kemenag)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya telah mengundang Menteri Haji dan Umrah Saudi Arabia, Tawfiq F Al Rabiah ke Indonesia pada Oktober 2022. Maksud undangan tersebut tidak lain untuk melakukan negosiasi terkait biaya layanan masyair haji 1444H/2023M.

"Saya juga berbicara dengan Menteri haji dan umrah, mengundang beliau untuk datang ke Indonesia. Maksud saya, saya mau negosiasi di sini Insya Allah beliau akan datang ke Indonesia tanggal 10 Oktober,"kata Menag dalam rapat kerja (raker) bersama komisi VIII DPR RI yang disiarkan secara daring, Rabu (31/08/2022).

Ketum GP Ansor mengatakan, kedatangan Menteri haji dan umrah ke Indonesia dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk berbicara langsung terkait kenaikan biaya layanan masyair hingga 300% itu. Bahkan menurutnya upaya yang dilakukannya adalah bentuk diplomasi yang extraordinary.

 Baca juga: Puji Pelaksanaan Haji 2022, Komisi VIII: Banyak yang Mengira Ini Haji Plus Semua

"Di situ kesempatan kita mungkin pimpinan (komisi VIII) bisa ikut mendampingi, kita ajak ketemu dan berbicara langsung dengan Menteri haji dan umrah. Jadi kalau dikatakan kami tidak melakukan upaya diplomasi, menurut saya justru kita melakukan upaya diplomasi yang ekstraordinary," tutur Menag.

Menag pun mengatakan pihaknya telah membujuk pemerintah Arab Saudi untuk datang berkunjung ke Indonesia terlebih melihat keindahan Bali. Hasilnya, Menteri haji dan umrah Arab Saudi dijadwalkan akan hadir ke Indonesia pada Oktober 2022 mendatang.

"Sampai kita undang kita ajak jalan-jalan ke Bali, saya gambarkan Bali supaya dia tertarik dan alhamdulillah ada komitmen. Saya sudah dapat surat insya Allah tanggal 10 Oktober beliau akan datang ke Indonesia memenuhi undangan kami,"ujarnya.

"Di situ saya kira akan menjadi bagian dari kita berdiplomasi dengan pemerintah Saudi,"tutur dia.

Diketahui biaya pelayanan masyair (Arafah, Muzdalifah dan Mina) pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022M menggunakan sistem paket layanan. Sebagaimana merujuk kebijakan terkini dari pemerintahan kerajaan Arab Saudi yakni dengan tarif layanan sebesar 5.656,87 SAR atau sekitar Rp22 juta hingga Rp24 juta per jamaah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini