Share

Masa Tugas Selesai, Petugas Daker Makkah Pulang ke Tanah Air Hari Ini

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 398 2643010 masa-tugas-selesai-petugas-daker-makkah-pulang-ke-tanah-air-hari-ini-y9tG1ScQGd.jfif Ilustrasi/Freepik

MAKKAH - Petugas daerah kerja (Daker) Makkah pulang ke Tanah Air hari ini, Sabtu (6/8/2022) usai merampungkan tugas sebagai pelayan tamu Allah SWT selama pelaksanaan ibadah haji 2022 di Makkah.

Berakhirnya masa tugas Daker Makkah ditandai dengan pemberangkatan jamaah haji kloter terakhir 43 dari Embarkasi Solo (SOC 43) pada Kamis 4 Agustus 2022. Masa kerja petugas Daker Makkah kurang lebih 60 hari.

Kepulangan petugas daker Makkah dibagi dalam dua gelombang melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Gelombang pertama dipulangkan pada pukul 08.40 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Gelombang kedua pada pukul 19.40 WAS menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Saiful Mujab mengatakan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan melakukan evaluasi pelaksanaan kerja di Makkah.

Saiful memberikan apresiasi tinggi atas kinerja seluruh petugas Daker Makkah. Menurutnya, selama 60 hari bertugas, semuanya berjalan sesuai Standad Operasional Prosedur (SOP) dan lancar, tidak ada kendala yang signifikan.

โ€œAda kendala-kendala kecil dan itu bisa diatasi dengan cepat. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh petugas PPIH di Makkah khususnya, baik dari Daker, Sektor dan Sektor khusus, seluruhnya bisa melaksanakan dengan baik,โ€ katanya.

Dirinya menyakini petugas haji bekerja dengan penuh keikhlasan dalam melayani tamu-tamu Allah. "Insya Allah akan mendapat pahala yang setimpal,โ€ ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Daerah Kerja Makkah M Khanif bersyukur dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan pemerintah untuk memberikan layanan kepada jamaah haji Indonesia.

"Alhamdulillah sampai saat ini sudah seluruh jamaah, baik gelombang pertama maupun kedua, kita berangkatkan ke Jeddah dan Madinah. Ini merupakan akhir dari tugas kita,โ€ ucapnya.

Lanjut Khanif, evaluasi layanan selama di Makkah akan tetap dilakukan. Jika masih ada hal terkait layanan yang perlu ditingkatkan maka akan ditingkatkan kembali di masa mendatang.

โ€œDengan berakhirnya pemberangkatan SOC 43 ini, seluruh rangkaian tugas PPIH Daker Makkah sudah selesai," tukasnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini