Share

Gratis! Seluruh Biaya Perawatan Jamaah Haji yang Sakit Ditanggung Pemerintah

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 398 2639628 gratis-seluruh-biaya-perawatan-jamaah-haji-yang-sakit-ditanggung-pemerintah-DmSmCBAS2e.jpg Perawatan jamaah haji yang sakit ditanggung pemerintah (Foto : MPI)

MAKKAH - Pemerintah menanggung seluruh biaya jamaah haji yang sakit hingga operasional pelaksanaan ibadah haji 2022 berakhir, baik yang dirawat di Rumah Sakit (RS) Arab Saudi maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

"Jadi memang selagi masih menjadi jamaah ini tanggungan pemerintah," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab di KKHI Makkah, Minggu (31/7/2022).

Saiful menambahkan, pemerintah menanggung biaya sampai jamaah haji tersebut dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke Tanah Air. Namun, jika kembali sakit menjadi tanggung jawab sendiri.

"Jadi sampai kapanpun dia sakit, sampai dia sembuh dinyatakan pulang masih tanggungjawab pemerintah. Baru setelah pulang sampai rumah ya udah selesai. Kalau sudah pulang sampai rumah ya sudah serah terima sudah tanggung jawab sendiri," ujar Saiful.

Tak hanya yang dirawat di KKHI, jamaah haji sakit yang berada di RS Arab Saudi juga menjadi tanggung jawab pemerintah sampai dinyatakan sembuh.

"Pernah ada sampai mau musim haji lagi baru pulang. Cuman enggak boleh naik haji lagi," kata Saiful.

Operasional KKHI Daker Makkah sendiri akan ditutup pada 5 Agustus 2022 seiring dengan pemberangkatan terakhir jamaah haji dari Makkah ke Madinah, sehingga jika masih ada jamaah yang dirawat akan dipindahkan ke KKHI Madinah.

"Terakhir Makkah tanggal 4 Agustus jam 17.00 waktu Arab Saudi (WAS). Didorong ke Madinah, clear berakhir Makkah selesai. Semoga jamaah selesai bisa ikut ke Madinah," ujar Saiful.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini