Share

Tak Bakal Ikuti Malaysia, Dirjen PHU: Ada 5,2 Juta Umat Islam di RI Menunggu Haji

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 398 2639132 tak-bakal-ikuti-malaysia-dirjen-phu-ada-5-2-juta-umat-islam-di-ri-menunggu-haji-0tGqzWNeCr.jpeg Dirjen PHU Hilman Latief (Foto: Kemenag)

JEDDAH - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan, ada sekira 5,2 juta umat Islam di Indonesia yang menunggu berangkat haji ke Tanah Suci.

Dengan keadaan seperti ini, Direktorat PHU Kemenag tidak akan mengikuti kebijakan Malaysia dalam memberlakukan aturan ketat pelaksanaan ibadah haji. Salah satu kebijakannya soal pengetatan kesehatan hingga berat badan.

"Tergantung perspektifnya, kita juga dorong inklusivitas penyelenggaraan haji. Ada 5,2 juta orang menunggu, jadi kita proporsional," kata Hilman usai rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2022 di Kantor Urusan Haji (KUH), Jeddah, Jumat (29/7/2022).

Pengetatan kesehatan yang dilakukan Malaysia memang cukup berhasil menekan angka kematian jamaah haji. Berdasarkan data Tabung Haji Malaysia, jamaah haji wafat baru 1 orang pada pelaksanaan ibadah haji 2022.

Untuk itu, pihaknya mendorong inklusivitas penyelenggaraan ibadah haji. Artinya, memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berangkat haji ke Tanah Suci. Jika semua dibatasi, maka berdampak pada antrean masa tunggu haji.

Tercatat, antrean haji di Malaysia bisa mencapai 141 tahun. Sementara antrean haji Indonesia jika kuota 50% mencapai 97 tahun. Namun antrean haji 48 tahun jika kuota normal.

"Ada peraturan-peraturan ditentukan pemerintah Saudi kita patuhi, seperti pembatasan usia. Apakah ada kriteria lain kalaupun situasi normal kita tidak juga kalau menentukan kriteria. Orang sudah berhak, belasan tahun menunggu, kita hanya memfasilitasi," kata Hilman.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan perihal kesehatan calon jamaah haji pada pelaksanaan ibadah haji tahun depan. Terlebih lagi Arab Saudi akan memberi pelonggaran bagi jamaah lansia.

Saat ini, pembatasan usia jamaah sedang dikaji karena di Indonesia terdapat 750 ribu jamaah lansia yang juga harus difasilitasi secara proporsional.

β€œIni jangan sampai haji ini eksklusif, kecuali ada faktor terkait protokol kesehatan. Misalnya tahun ini dibatasi usia 65 tahun,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini