Share

Pulang ke Tanah Air, Menag Bakal Laporkan Penyelenggaraan Haji 2022 ke Presiden Jokowi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 398 2631456 pulang-ke-tanah-air-menag-bakal-laporkan-penyelenggaraan-haji-2022-ke-presiden-jokowi-Jrdeg7jXXx.jfif Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Dok Humas Kemenag)

JEDDAH - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan melaporkan hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2022 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia akan melapor usai kepulangan jamaah haji gelombang II dari Madinah ke Tanah Air.

"Otomatis Gus Menteri (Menag) akan sampaikan seluruh penyelenggaraan ibadah haji kepada Presiden," ujar Juru Bicara PPIH Arab Saudi Akhmad Fauzin di Bandara Jeddah, Minggu (17/7/2022).

Menag yang merupakan Amirul Hajj dan beberapa delegasi Amirul Hajj sudah pulang ke Tanah Air pada, Minggu 17 Juli 2022 menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Hari ini (Minggu) sebagian sudah (pulang), sebagian ikut Gus Menteri dan ada yang hari berikutnya," kata Fauzin yang juga Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama.

Fauzin menambahkan, selain proses kepulangan jamaah haji gelombang I ke Tanah Air, jamaah haji gelombang II mulai didorong dari Makkah ke Madinah pada 21 Juli 2022.

"Mereka akan didorong ke Madinah sehingga yang gelombang II ini akan ke Indonesia sampai sekitar 13 Agustuss, itu penerbangan terakhir," ujar Fauzin.

Direncanakan, Menag akan kembali ke Arab Saudi untuk melepas kepulangan jamaah haji Indonesia gelombang II kloter terakhir dari Madinah. Setelah itu, Menag akan melaporkan evaluasi hasil penyelenggaraan ibadah haji 2022 ke Presiden Jokowi.

"Insya Allah, Gus Menteri akan ke tanah suci kembali untuk melepas kepulangan kloter terakhir. Insya Allah," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini