Share

Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air, yang Ditanya Air Zamzam

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 398 2631450 jamaah-haji-pulang-ke-tanah-air-yang-ditanya-air-zamzam-w6KfBUtQz6.jfif Air zamzam. (Ilustrasi/Okezone/Dani Jumadil Akhir)

MAKKAH - Fase kepulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah Air memasuki hari ke-3 sejak 15 Juli 2022. Namun, masih ada saja kasus jamaah haji Indonesia yang membawa air zamzam di koper bagasi maupun tas kabin meski sudah dilarang.

Hal ini diakui Kepala Sektor 1 Nurkhamid saat melepas kepulangan jamaah haji asal embarkasi Surabaya (SUB).

"Secara umum sosialisasi kita ya berhasillah, kalau 100% kan juga namanya orang keinginan untuk macam-macam kan," kata Nurkhamid kepada Media Center Haji (MCH) di Makkah, Senin (18/7/2022).

Ia menyebutkan, selama proses penimbangan koper bagasi masih ada jamaah haji yang nekat membawa air zamzam. Namun, temuan ini berkurang jauh dibandingkan kejadian-kejadian awal kepulangan jamaah haji dari embarkasi lain.

"Masing-masing daerah juga beda-beda, karena air zamzam itu kan kalau setelah haji kan memang yang ditanya air zamzam," ujarnya.

Di sisi lain, para petugas terus mengedukasi jamaah perihal larangan membawa air zamzam ke koper bagasi. Umumnya para jamaah haji legowo untuk tidak membawa air zamzam.

"Kita lihat realita jamaah kita ya sebagian besar nurut dengan apa yang petugas sampaikan," ujarnya.

Jamaah juga diingatkan untuk tidak membawa bagasi lebih dari ketentuan yaitu 28 kg untuk Embarkasi Surabaya (SUB), berbeda dengan embarkasi lain yang ditentukan 32 kg.

"Embarkasi Surabaya beda, hanya 28 kilogram. Sempat ada pertanyaan dari jamaah setelah kami beri penjelasan lewat kloter akhirnya mereka dapat memahami," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini