Share

Jadwal Pergerakan dan Barang yang Dibawa saat Wukuf di Arafah, Jamaah Haji Harus Tahu

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 398 2624814 jadwal-pergerakan-dan-barang-yang-dibawa-saat-wukuf-di-arafah-jamaah-haji-harus-tahu-h0rZ50Xd74.jpg Tenda di Arafah (foto: Media Center Haji)

MAKKAH - Jadwal pergerakan dan barang yang dibawa jamaah haji saat wukuf di Arafah akan diulas dalam artikel ini. Saat ini H-2 menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji 2022.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa wukuf yang merupakan puncak rangkaian ibadah haji berlangsung pada Jumat, 8 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah.

Plh Biro Humas, Data, dan Informasi, Wawan Djunaedi menyampaikan bahwa menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, pemerintah melalui petugas haji, baik petugas kloter, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, dan pihak lain yang terlibat, untuk bersatu padu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan operasional penyelenggaraan ibadah haji.

"Agar jamaah memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jamaah dapat sampai di Arafah sesuai jadwal yang telah ditentukan," kata Wawan Djunaedi, Rabu (6/7/2022).

 BACA JUGA:Kemenkes Arab Saudi Membentuk Gugus Tugas Penanganan Kesehatan Jamaah Haji

Kepada PPIH Kloter dan PPIH Sektor agar benar-benar memberikan penjelasan terkait jadwal pergerakan masing-masing kloter.

Wawan menyampaikan, agar jamaah membawa barang bawaan secukupnya, seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan. Sementara, barang-barang lainnya cukup dititipkan di tempat tinggal jemaah, melalui petugas sektor masing-masing.

"Jamaah harus memahami hal-hal yang dilarang selama berihram. Ini penting, agar pelaksanaan rangkaian ibadah jemaah sesuai ketentuan dalam manasik. Segera bertanya dan berkonsultasi dengan Pembimbing Ibadah di kloter masing-masing. Pastikan seluruh jemaah paham akan ketentuan larangan selama berihram," katanya.

 BACA JUGA:Tahun Ini Ada Haji Akbar, Begini Keutamaannya

Wawan juga mengimbau, agar jemaah menjauhkan diri dari perilaku, tindakan, dan ucapan yang dapat mengurangi, menghilangkan pahala, bahkan membatalkan ihram.

"Siapkan kembali segala sesuatunya yang berkaitan dengan ketentuan manasik. Jaga kesehatan sebaik-baiknya, agar seluruh rangkaian ibadahnya dapat terlaksana dengan baik dan tertib," kata Wawan.

Berikut ini rangkaian Armuzna 2022 yang harus diketahui jamaah haji Indonesia seperti dikutip data Kementerian Agama, Makkah.

1. 8 Dzulhijjah atau 7 Juli 2022

 

- Pukul 07.00 hingga 17.00 waktu Arab Saudi (WAS) mobilisasi jamaah dari hotel di Makkah menuju Arafah

- Jamaah menempati tenda-tenda di Arafah yang telah disediakan

 BACA JUGA:Banjir Pujian dari Jamaah, Menag ke Petugas: Kita Akan Hadapi Puncak Haji Jangan Cepat Puas

- Mabit atau menginap di Arafah (Shalat malam dan lain-lain)

2. 9 Dzulhijjah atau 8 Juli 2022

 

- Wukuf di Arafah dimulai dengan khutbah wukuf dan melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah jamak qashar dengan shalat Ashar

- Jamaah melakukan ibadah wukuf, berdoa dan berzikir

 BACA JUGA:Persiapan Kesehatan Operasional di Puncak Haji Sudah 100 Persen Siap

- Setelah itu jamaah secara bertahap diberangkatkan ke Muzdalifah

- Jamaah bermalam di Muzdalifah untuk mengambil batu kerikil minimal 49 untuk nafar awal dan 70 batu untuk nafar tsani

- Secara bertahap jamaah diberangkatkan ke Mina untuk mabit sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh PPIH.

3. 10 Dzulhijjah atau 9 Juli 2022

- Istirahat di Mina, selanjutnya berangkat ke Jamarat untuk lempar jumrah aqobah (7 baru) sesuai jadwal yang ditetapkan PPIH

- Setelah itu tahalul dan kembali ke tenda Mina beristirahat (jamaah sudah bisa berganti pakaian setelah tahalul)

4. 11 Dzulhijjah atau 10 Juli 2022

 

- Berangkat menuju Jamarat kembali untuk melaksanakan jumrotul ula (7 batu), wustho (7 batu) dan aqobah (7 batu) sesuai jadwal yang ditetapkan PPIH dan setelah itu kembali lagi menuju tenda (Mina)

5. 12 Dzulhijjah atau 11 Juli 2022

 

- Berangkat menuju Jamarat kembali untuk melaksanakan jumrotul ula (7 batu), wustho (7 batu) dan aqobah (7 batu) sesuai jadwal yang ditetapkan PPIH

- Bagi yang nafar awal bersiap kembali ke Makkah sebelum terbenamnya matahari

- Bagi yang nafar tsani menginap satu malam lagi di Mina

6. 13 Dzulhijjah atau 12 Juli 2022

 

- Jamaah nafar tsani menuju Jamarat untuk melontar jumrah ula (7 batu), wustho (7 batu), aqobah (7 batu) lalu kembali ke Makkah

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini