Share

Ukir Prestasi, Dirjen Haji Ingin Maksimalkan Keberangkatan Jamaah Haji RI 100%

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 398 2622815 ukir-prestasi-dirjen-haji-ingin-maksimalkan-keberangkatan-jamaah-haji-ri-100-PQDMrkEccl.jpg Ilustrasi Kakbah/ Doc: Reuters

MAKKAH - Pemberangkatan jamaah haji Indonesia memasuki hari terakhir. Kementerian Agama akan memaksimalkan pemberangkatan jamaah haji sesuai kuota yang ditetapkan 100.051 orang.

 BACA JUGA:Hindari Kelelahan, Jamaah Haji Diminta Perbanyak Istirahat Jelang Wukuf di Arafah

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan, saat ini sudah 90% jamaah haji tiba di Makkah. Keberangkatan tinggal menyisakan beberapa kloter hari ini. Tercatat ada dua kloter penerbangan terakhir pada hari ini.

"Kita optimalkan kursi kosong, istilahnya kloter sapu jagat bisa mengakomodir jamaah yang batal," kata Hilman di Makkah, Sabtu (2/7/2022) malam.

Hilman menambahkan, pada pelaksanaan ibadah haji sebelumnya, jamaah yang gagal berangkat ke Tanah Suci bisa mencapai ribuan orang. Tapi kini jumlah jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci hampir terserap 100%.

 BACA JUGA:Sejumlah Tokoh Hadiri Halal Bihalal IKA Unpad

"Kita bisa mengukir prestasi, dulu ribuan yang tidak berangkat, kita ingin 99,9% maksimal," katanya.

Hilman menjelaskan, pemvisaan calon jamaah haji sudah mencapai 100%. Namun, bisa saja ada kendala misalnya ketika akan berangkat, jamaah mendadak sakit sehingga batal pergi ke Tanah Suci.

"Yang diganti dalam hitungan jam enggak bisa, misalnya sudah mau jalan tapi sakit di asrama haji. Dulu waktu positif Covid-19 bisa digantikan, karantina dulu seminggu. Kalau ada yang tidak berangkat hari ini enggak bisa digantikan," katanya.

 BACA JUGA:Update Haji 2022: Sebanyak 91.106 Jamaah Haji Tiba di Makkah, 20 Orang Meninggal Dunia

Sekadar informasi, ada dua kelompok terbang (Kloter) yang berangkat dari dua embarkasi, yakni kloter 44 Embarkasi Jakarta - Bekasi/JKS dan kloter 43 Embarkasi Solo/SOC (Solo) pada hari.

Sebanyak 615 orang yang merupakan kloter terakhir keberangkatan jemaah haji reguler Indonesia. Masing-masing, JKS: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 255 orang; dan SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang.

Dengan demikian, seluruh jamaah haji reguler telah selesai diberangkatkan. Untuk jamaah haji khusus, masih ada pemberangkatan dalam beberapa hari ke depan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini