Share

Alasan Terbesar Mengapa Haji 2022 Mendapat Gelar Haji Akbar

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 398 2622292 alasan-terbesar-mengapa-haji-2022-mendapat-gelar-haji-akbar-PWhdeBOT5f.jpg Alasan terbesar mengapa haji 2022 mendapat gelar haji akbar/Okezone

JAKARTA - Alasan terbesar mengapa Haji 2022 mendapat gelar Haji Akbar kira-kira apa ya? Ibadah haji yang dilaksanakan pada tahun 2022 ini tentu disambut baik oleh seluruh umat muslim.

Setelah dua tahun ditiadakan, Haji 2022 mendapatkan gelar Haji Akbar karena suatu alasan.

Menurut Konsultan Pembimbing Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah, Aswadi, momen ini untuk meningkatkan semangat dalam beribadah haji.

Lantas, sebenarnya apa alasan terbesar mengapa Haji 2022 mendapat gelar Haji Akbar? Simak informasinya berikut ini.

Alasan Terbesar Mengapa Haji 2022 Mendapat Gelar Haji Akbar

Dalam kitab suci Al Quran, Haji Akbar dijelaskan pada surat At-Taubah 9:3 berikut ini:

وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ اَنَّ اللّٰهَ بَرِيْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ ەۙ وَرَسُوْلُهٗ ۗفَاِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِى اللّٰهِ ۗوَبَشِّرِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ

Artinya: "Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih." (QS. At-Taubah [9]: 3)

Tafsir dari berbagai ulama mengatakan jika Haji Akbar adalah hari Arafah atau 9 Dzulkhijah.

Pada tahun 2022, pemerintah Arab Saudi telah menetapkan hari Arafah atau 9 Dzulkhijah 1443 H pada hari Jumat 8 Juli 2022.

Waktu tersebut adalah waktu dilaksanakannya wukuf sebagai penanda dimulainya puncak ibadah haji.

Dalam praktiknya, Haji Akbar tidak memiliki perbedaan dengan haji biasa. Hanya momennya saja yang jatuh di hari Jumat dan pada tanggal 10 Dzulhijah dilaksanakan Idul Adha atau penyembelihan kurban.

Momen haji yang jatuh di hari Jumat memang terasa istimewa, karena di hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

Demikian informasi mengenai Alasan Terbesar Mengapa Haji 2022 Mendapat Gelar Haji Akbar.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini