Share

Banyak Jamaah Haji Sakit di KKHI Makkah, Jangan Sampai Salah Ambil Waktu Ibadah

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 04:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 398 2622189 banyak-jamaah-haji-sakit-di-kkhi-makkah-jangan-sampai-salah-ambil-waktu-ibadah-FBICEMRwON.jpg Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief (Foto: Dani Jumadil Akhir)

MAKKAH - Isu kesehatan dalam pelaksanaan haji 2022 menjadi concern. Selain masih di tengah pandemi Covid-19, isu kesehatan soal cuaca panas juga menjadi perhatian. Hal ini terlihat dari hilir mudiknya jamaah haji di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

"Kita lihat ternyata sirkulasi datang dan perginya jamaah yang sakit di KKHI cukup banyak 70 orang per hari," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief di KKHI Makkah, Jumat (1/7/2022).

BACA JUGA:Haji 2022, Rompi Penurun Suhu Bantu Jamaah di Armuzna 

Menurut Hilman, layanan kesehatan dan penyuluhan yang diberikan terutama ke hotel-hotel yang ditempati jamaah haji sangat bagus agar terus mensosialisasikan terutama terkait cuaca panas di Arab Saudi agar jamaah terhindar dari dehidrasi dan heat stroke.

"Memang cuaca sangat panas dan ternyata juga banyak yang dirawat karena kelelahan. Salah mengambil waktu ibadah, ke masjid siang-siang dan berjalan cukup jauh," kata Hilman.

BACA JUGA:Update Haji 2022: Sebanyak 2.536 Jamaah Daftar Tarwiyah 

Saat ke KKHI Makkah, Hilman mengetetahui bahwa banyak jamaah haji yang dirawat karena penyakit komorbid seperti hipertensi, diabetes yang kambuh karena kelelahan dan kurang disiplin makan yang membutuhkan pemulihan cukup lama.

"Karena itu kami sepakat layanan kesehatan terus kita dorong lebih baik. Saya ingin peran dari teman-teman tenaga kesehatan untuk tindakan yang sifatnya promotif. Kita juga ingin mendorong perbaikan fasilitas ke depan agar jamaah lebih nyaman dan bisa di treatment lebih baik," ujar Hilman.

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini