Share

Dear Jamaah Haji, Jangan Jemur Sembarangan di Kamar Hotel Bisa Bikin Banjir

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 398 2622102 dear-jamaah-haji-jangan-jemur-sembarangan-di-kamar-hotel-bisa-bikin-banjir-6udM8FxOgz.jpg Illustrasi jemuran jamaah haji di hotel (foto: dok ist)

MAKKAH - Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja (Daker) Makkah Ali Machzumi mengimbau kepada seluruh jamaah haji agar tidak menjemur sembarangan di kamar hotel.

Hal ini ditekankan Ali usai ada peristiwa alat pemadam api otomatis (fire sprinkler) menyeburkan air di kamar hotel.

 BACA JUGA:Gegara Jemur Handuk di Sprinkler, Kamar Hotel Jamaah Haji Kebanjiran

Hal ini karena jamaah haji menggantung handuk dengan hanger pada sprinkler di dinding kamarnya, saat akan mandi handuk diambil dengan sedikit keras sehingga sprinkler tertarik dan menyemburkan air.

"Kita lihat kemarin ada peristiwa dari kamar salah satu jamaah yang memang ada kejadian banjir atau luapan air, setelah kita cek itu memang dari sprinkler yang ada di kamar jamaah tersebut," kata Ali kepada Media Center Haji (MCH) di Makkah.

 BACA JUGA:Amirul Hajj Ingin Pastikan Jamaah Haji 2022 Dapat Pelayanan Terbaik

Ali menjelaskan, sprinkler itu digunakan oleh jamaah untuk menggantungkan handuk atau pakaian sehingga ada beban yang membuat sprinkler mengeluarkan air yang memang untuk kondisi darurat seperti kebakaran.

"Kita harap jamaah tidak menjemur atau menggantungkan baju ke tempat-tempat yang bukan peruntukannya. Seperti sprinkler," katanya.

Usai menerima laporan dari jamaah tersebut, petugas dengan cepat menindaklanjuti dengan mengevakuasi jamaah dan seluruh barang bawaannya. Kemudian petugas membersihkan barang-barang yang basah di kamar hotel tersebut.

"Terus kondisi sprei, handuk, pakaian maupun kasur di kamar dievakuasi semua ditangani pihak hotel dengan segera," ujar Ali.

Ali menambahkan, jamaah tidak dibebankan ganti rugi dari insiden tersebut karena kerugian materiil sangat minim berupa kasur dan karpet basah. Selain itu pemilik hotel mendahului pelayanan kepada jamaah haji.

"Jamaah diganti dengan kasur baru, sprei baru semua baru diganti pihak hotel. Dengan kondisi seperti itu memberikan apresiasi ke hotel," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini