Share

Pelaksanaan Haji 2022 Sangat Istimewa Bergelar Haji Akbar, Ini Penjelasannya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 398 2621634 pelaksanaan-haji-2022-sangat-istimewa-bergelar-haji-akbar-ini-penjelasannya-egi2TKoB4K.jpg Ilustrasi/ Foto: MCH

MAKKAH - Pelaksanaan ibadah haji 2022 terasa sangat istimewa dan akan bergelar haji akbar. Sebab saat puncak haji wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah atau 8 Juli 2022 bertepatan pada hari Jumat.

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam mengatakan, wukuf di Arafah pada hari Jumat banyak yang menyebut sebagai Haji Akbar.

 BACA JUGA:10 Larangan Dalam Haji yang Tak Boleh Sembarangan Dilakukan

"Menjadi istimewa karena hari Jumat itu sebagai Sayyidul Ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Sehingga di situ banyak berkumpul kebaikan," ujar Nasrullah di Jeddah, Jumat (1/7/2022).

Dia menambahkan, jatuhnya puncak haji atau wukuf Arafah pada Hari Jumat, memang banyak dinantikan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji.

"Menjadi istimewa karena hari Jumat itu sebagai Sayyidul Ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Sehingga di situ banyak berkumpul kebaikan," katanya.

Konsultan Pembimbing Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah, Aswadi menjelaskan, haji akbar bisa meningkatkan semangat untuk beribadah bagi seluruh jamaah haji di seluruh dunia, khususnya jamaah haji Indonesia.

 BACA JUGA:Update Haji 2022: Hari Ini 3.376 Jamaah RI Terbang ke Tanah Suci

"Karena nabi dulu itu haji wada dan haji akbar hanya sekali," kata Aswadi kepada Media Center Haji (MCH) di Makkah.

Keistimewaan haji akbar karena terjadi di hari Jumat. Menurut Aswadi, hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau rajanya hari.

"Yang menjadi istimewa adalah karena hari Jumat itu sayyidul ayyam maka ini adalah puncak kemuliaan. Ya itu saja. Karena pemimpin satu minggu itu kan Jumat. Jadi kalau haji pas Jumat itu berarti adalah dilipatgandakan sesuai dengan amaliah kemuliaan di hari Jumat itu," ujarnya.

 BACA JUGA:Amirul Hajj Terbang ke Tanah Suci Hari Ini, Ingin Pastikan Pelaksanaan Haji 2022 Lancar

Keistimewaan hari Jumat yang pertama bagi umat muslim yaitu diampuni dosa-dosanya. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta'ala tidak membiarkan seorang muslim pun pada hari Jumat yang tidak diampuni dosanya." (HR. Ibnu 'Adiy dan Ath-Thabrani).

Sementara, pelaksanaan haji 2022 terasa sangat istimewa bagi jamaah haji bernama Aris Parmono (54 tahun) asal Serang, Banten.

 BACA JUGA:Jamaah Bisa Lapor Pelayanan Haji 2022 Secara Online, Begini Caranya

"Menurut saya, haji tahun ini haji yang sangat istimewa mengapa karena haji akbar memang karena kebetulan wukufnya jatuh di hari Jumat, kedua tamu jamaah 50% yang biasanya berjubel ini nyaman sekali," kata Aris.

Aris menambahkan, baik di Madinah dan Makkah tidak terjadi penumpukan jamaah yang berarti. Tercatat kuota jamaah haji Indonesia mencapai 100.051 orang, sementara kuota haji seluruh dunia mencapai 1 juta orang.

"Di mana-mana baik Madinah maupun Makkah itu luar biasa tidak terlalu berjubel kayak yang sudah-sudah, kemudian tawaf, sai dan sebagainya," katanya.

Aris juga memuji pelayanan haji 2022 mulai dari kesehatan, katering, akomodasi hingga transportasi. Khusus untuk katering, layanan konsumsi menjadi 3 kali sehari, kemudian layanan akomodasi setara hotel bintang 4 dan 5. Sementara armada bus shalawat yang baru membuat jamaah haji nyaman.

"Istimewa sekali lah pelayanan-pelayanan meskipun punya keterbatasan waktu persiapan haji 1443 mepet sekalinya persiapannya tapi luar biasa," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini