Share

Jamaah Haji RI di Makkah Dapat Hotel Nyaman, Makanan Enak

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 398 2619999 jamaah-haji-ri-di-makkah-dapat-hotel-nyaman-makanan-enak-fEf7GXrSri.jfif Makanan Jamaa Haji (Foto Okezone/Dani)

MAKKAH - Perwakilan anggota DPR mengapresiasi pelayanan ibadah haji 2022 di Tanah Suci hingga saat ini. Banyak testimoni positif dari jamaah yang diterima para anggota DPR ini meski ada juga beberapa masukan.

Rombongan perwakilan anggota DPR ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII Diah Pitaloka untuk mengawasi pelaksanaan ibadah haji 2022.

Hadir juga Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat, Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) Konjen RI di Jeddah Nasrullah Jassam, Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif beserta petugas lainnya.

Para anggota DPR bertanya satu per satu ke jamaah mengenai pelayanan haji 2022, mulai dari konsumsi, transportasi hingga akomodasi.

"Kita lihat makanan, komposisi proteinnya. Makanan juga berlimpah, satu kali makan nasi dan lauk pauknya ada dua macam. Sayur dan protein, ada juga buah," kata Diah saat mengecek di salah satu hotel sektor 1 Mahbas Jin, Makkah, Selasa (28/6/2022).

Berpindah ke hotel sektor 5 di Misfalah, Diah masuk ke kamar-kamar jamaah haji perempuan dan menanyakan langsung pelayanan haji 2022. Diah menilai hotel yang ditempati jamaah sudah sangat baik dengan fasilitas setara bintang 3 dan 5.

"Hotelnya bagus, terus kamar mandi baguslah yang ini nyaman," katanya.

Sementara untuk dari sisi konsumsi, Diah juga menilai makanan yang disajikan untuk jamaah haji Indonesia enak dengan cita rasa nusantara.

"Makanannya enak, jamaah juga pada suka, kita belum tanya jamaah sudah ngomong makanannya enak ya, alhamdulillah. Kondisi jamaah kita lihat mereka sehat, mereka juga senang," katanya.

Dari sisi pelayanan petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Diah melihat para petugas senantiasa melayani jamaah haji Indonesia.

"Juga saya lihat petugas haji cukup aktif," ujarnya.

Sementara itu, Diah meminta kepada Kementerian Agama untuk memperhatikan pembagian kamar untuk jamaah haji Indonesia. Sebab, di lapangan masih ditemukan satu kamar diisi 5-6 jamaah. Idealnya kata Diah satu kamar diisi 3-4 jamaah.

"Kapasitas kamar kalau bisa seragam minimal beda satu, jangan satu tiga yang lain satu kamar ada yang enam. Orang selama 40 hari di satu kamar berenam mungkin lebih nyaman bertiga, artinya penyamaan standar bagi tiap jamaah itu mungkin perlu diperbaiki berapapun ukuran kamarnya," katanya.

Di tempat yang berbeda, Anggota Komisi VIII DPR Abdul Wahid beserta rombongan juga melakukan tinjauan untuk pengawasan pelaksanaan ibadah haji 2022 di Makkah.

“Kami melihat dan ngobrol, para jamaah asal Indonesia sangat senang sekali dengan fasilitas yang diberikan,” kata Abdul usai melihat kondisi jemaah haji di Al Kiswah Tower, wilayah Jarwal.

Begitu juga untuk transportasi, keberadaan bus shalawat yang melayani jamaah 24 jam dari seluruh hotel ke Masjidil Haram PP juga diapresiasi.

“Ya bus shalawat 24 jam sangat membantu jamaah, juga kesehatan stanfby 24 jam. Pelayanan bagus, kami tinggal minta ke jamaah jaga kesehatan terutama menjelang puncak haji," katanya.

Usai mengunjungi Al Kiswah Tower, anggota DPR ini lantas mengunjungi lokasi katering Al Mutamayizzun yang selama ini mendapatkan tugas untuk menyediakan makanan untuk 5.500 jamaah.

Karena jumlah jamaah haji mencapai 100 ribu jemaah, PPHI Arab Saudi memang membagi pelayanan makanan ke beberapa katering. Al Mutamayizzun, misalnya, dikontrak khusus hanya untuk sarapan dan makan siang.

Para anggota DPR ini juga mendapati kepuasan dari para jamaah.

“Alhamdulillah makanannya enak. Sehari tiga kali, rasanya juga khas Indonesia. Dapat buah juga. Hotelnya juga nyaman,” ujar Siti Maryam, jamaah asal Aceh.

Usai melihat dapur, aneka sayur, daging dan buah-buahan untuk jamaah yang disediakan di Al Mutamayizzun, rombongan anggota DPR ini lantas melanjutkan kunjungannya ke terminal bus Syieb Amir.

Ratusan bus shalawat berjajar siap menyambut jamaah usai menjalankan ibadah di Masjidil Haram. Bus di Syieb Amir melayani jamaah dari hotel yang berada di tiga sektor, yakni sektor 2 Syisyah, sektor 3 Raudhah dan sektor 4 Jarwal.

"Prinsipnya sejauh ini pelayanan bagi jamaah haji Indonesia bagus,” tukas Diah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini