Share

Tips Naik Bus Shalawat Anti Nyasar untuk Para Jamaah Haji 2022

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 398 2618046 tips-naik-bus-shalawat-anti-nyasar-untuk-para-jamaah-haji-2022-Aa1rVK9QTQ.jpeg Jamaah haji naik bus Shalawat/Dani Jumadil Akhir

MAKKAH - Tips naik bus shalawat anti nyasar yang bisa dilakukan jamaah haji Indonesia. Selama operasional bus shalawat, tidak sedikit jamaah yang lupa arah pulang dari Masjidil Haram ke terminal bus shalawat.

Kepala Sektor 2 Syisyah, Makkah Lutfi Yunus mengatakan, bagi jamaah haji Indonesia yang ingin naik bus shalawat pastikan membawa kartu bus shalawat yang telah diberikan sejak kedatangan di Makkah.

"Kalau sektor 2 ini, busnya nomor 2 kemudian stikernya warna biru," kata Lutfi di Makkah, Sabtu (25/6/2022).

Sektor 2 melayani rute Shisyah-Syib Amir. Bagi jamaah haji yang tinggal di sektor 2, bus shalawat sudah disiapkan di dekat area hotel menginap. Jamaah haji tinggal jalan kaki dan nantinya jamaah akan turun di terminal Syib Amir.

"Ketika sampai di terminal Syib Amir, mereka harus menghafal tempat busnya di mana, nomor busnya berapa, warna stikernya apa," ujar Lutfi.

Hal yang perlu diingat juga bagi jamaah haji saat kembali ke terminal usai dari Masjidil Haram adalah rutenya. Jangan sampai jamaah salah naik bus, untuk itu sangat penting sekali jamaah memegang kartu bus shalawat.

Hal ini juga untuk memudahkan para petugas mengantarkan jamaah jika menemukan jamaah yang lupa arah pulang ke terminal dari Masjidil Haram.

"Jangan naikin bus selain nomor 2 karena kalau busnya nomor 2 stikernya biru itu rutenya Masjidil Haram-Syisyah atau Syib Amir-Syisyah. Jadi mereka harus hafal nomor itu," katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Transportasi Daerah Kerja (Daker) Makkah Asep Subhana menjelaskan, untuk memudahkan jamaah mengenali, setiap bus sholawat dipasang stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda.

Stiker itu berisi informasi rute, nomor rute, dan warna rute.

Stiker rute Mahbas Jin - Bab Ali berwarna putih dengan nomor 1. Rute Syisyah - Syieb Amir warna biru dengan nomor 2. Rute Raudhah - Syieb Amir stiker warna hijau dengan nomor 3. Rute Jarwal - Syieb Amir warna hitam dengan nomor 4. Dan, rute Misfalah - Jiad, stiker warna cokelat dengan nomor 5.

"Format stiker ini dibuat untuk memudahkan jamaah. Jika ada jamaah yang tidak bisa membaca tulisan rute, bisa mengingat nomor atau warna," kata Asep.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini