Share

Penantian 11 Tahun, Pria Tunanetra Asal Pamekasan Akhirnya Berangkat Haji

Lukman Hakim, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 393 2614584 penantian-11-tahun-pria-tunanetra-asal-pamekasan-akhirnya-berangkat-haji-9u0Mv5I7HG.jpg Jamaah haji dengan tuna netra, Amin Jakfar (Foto: MNC Portal)

SURABAYA - Kondisi fisik yang tak sempurna, tidak mematahkan semangat Amin Jakfar untuk menunaikan ibadah haji. Pria asal Kabupaten Pamekasan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 ini tak patah arang meski dirinya memiliki keterbatasan dalam penglihatannya.

Rencananya, Amin akan terbang ke tanah suci pada hari ini, Senin (20/6/2022). Pria yang menyandang tuna netra sejak lahir ini tetap optimis dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal.

"Saya pasrahkankan semua kepada Allah SWT, sebaik-baik penjaga. Saya optimis dengan niat yang kuat untuk berhaji, dapat melaksanakan semua rukun ibadah haji," tuturnya.

Amin menjelaskan jika sehari-sehari di rumah dirinya menemani ibunya yang pensiunan guru. "Sebagai seorang wanita yang sudah melahirkan saya, ibu sangat prihatin dan kuatir dengan keadaan saya yang tuna netra ini. Karena itu Beliau mengarahkan saya sehari-hari hanya membantu pekerjaan rumah yang ringan-ringan saja," jelas Amin.

Baca juga: Cholil Nafis Sebut Ongkos Haji Turun dari Masa ke Masa

Pada musim haji tahun ini, Amin berangkat ditemani dengan adik perempuannya, Fatimaturahmah. Sebelumnya, Amin tetap semangat untuk mengikuti setiap bimbingan haji.

Amin bahkan begitu fasih melafalkan setiap doa dan ayat suci. Dia belajar lewat handphone.

Baca juga: Jamaah Haji Gelombang II Sujud Syukur Tiba di Makkah

"Alhamdulillah, ibu mendaftarkan kami bertiga, ibu, saya dan adik untuk berangkat haji pada tahun 2011. Tapi tahun ini terpaksa ibu tidak bisa berangkat bersama-sama karena beliau sudah berusia 66 tahun. Sejujurnya kami sedih tapi ibu mendorong kami untuk tetap berangkat tahun ini karena kami tak tahu apa yang terjadi tahun depan," tuturnya.

Amin mengaku jika paling jauh selama ini dia pergi ke Jember bersama sahabat-sahabat tuna netranya. Itupun cuma sekali. Sehari-hari saya mainnya ya ke tetangga dekat rumah.

Di usianya yang sudah memasuki 42 tahun ini, tak lupa ia akan panjatkan doa agar bisa memperoleh pendamping hidup yang bisa menerima kondisinya apa adanya.

Baca juga: Update Haji 2022: 2.441 Jamaah dari Madinah ke Makkah Hari Ini

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini