Share

Fenomena Selfie di Kakbah, Jamaah Haji Indonesia Diminta Tak Berlebihan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 398 2612205 fenomena-selfie-di-kakbah-jamaah-haji-indonesia-diminta-tak-berlebihan-zCAxogyJJO.jpg Slamet Budiono. (Foto: Dani Jumadil Akhir)

MAKKAH - Pemerintah Arab Saudi memperketat aturan larangan selama berada di Kakbah, Masjidil Haram, Makkah.

Meski demikian, foto menggunakan handphone dan selfie masih diperbolehkan tapi dengan batas kewajaran.

Sekretaris Sektor Khusus (Seksus) Masjidil Haram Slamet Budiono mengakui, fenomena selfie di depan Kakbah tidak bisa dihindarkan. Terlebih lagi jamaah ingin mengabdikan momen yang berharga dalam hidupnya.

 Baca juga: Kondisi Terkini di Kakbah yang Harus Diketahui Jamaah Haji Indonesia

"Kalau selfie yang sewajarnya hanya untuk dokumen atau kenangan pribadi jamaah, tidak usah berlebihan. Jangan terlalu dekat dengan askar di sana," kata Slamet di Kantor Daker Makkah, Rabu (15/6/2022).

Apabila melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya di Masjidil Haram, maka akan ada ada sanksi.

Pihak keamanan atau biasa disebut askar akan menindak tegas mulai dari diinterogasi, bahkan jika pelanggaran berat bisa sampai ditahan.

Sanksi yang diberikan tergantung dengan berat ringannya pelanggaran yang dilakukan, mulai dari ditahan, tidak bisa melaksanakan haji hingga dideportasi.

Follow Berita Okezone di Google News

"Padahal jamaah sudah nunggu puluhan tahun untuk berangkat, maka harus benar-benar luruskan niat dan tidak melanggar," katanya.

Seperti diketahui, ada hal-hal yang dilarang oleh pemerintah Arab Saudi selama di Masjidil Haram seperti membentangkan spanduk, membawa barang-barang yang tidak perlu untuk ditunjukkan, foto-foto berlebihan hingga mencuri sehingga memancing petugas keamanan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini