Share

Yuk Intip Kuliner Jemaah Haji, Ada Restoran Khas Timur Tengah hingga Nusantara

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 398 2612197 yuk-intip-kuliner-jemaah-haji-ada-restoran-khas-timur-tengah-hingga-nusantara-2dqmdYzmSd.jpg Makanan jamaah haji. (Foto: MCH)

JAKARTA - Pada pelaksanaan haji 1443 H/2022 M, calon jemaah haji Indonesia akan mendapat 27 kali makan di Kota Madinah serta 75 kali makanan di Kota Mekkah. Khusus pada 5, 6 dan 7 Dzulhijjah atau tiga hari sebelum Arafah dan 14-15 Dzulhijjah atau dua hari setelah ibadah di Mina, calon jemaah haji Indonesia akan mendapat konsumsi sebanyak 10 kali berupa makanan siap saji.

Pemerintah Indonesia akan menyediakan aneka makanan khas Nusantara, seperti terong balado, tumis tempe balado, semur ayam, tongseng sapi, hingga rendang daging.

Dirjen Haji Luar Negeri Kementerian Agama Subhan Cholid mengatakan, pada musim haji ini jemaah mendapat tiga kali makan yang sebelumnya hanya dua kali. Makan pagi jemaah haji Indonesia disediakan pada pukul 06.00-09.00 waktu Arab Saudi (WAS) serta paling lambat harus sudah dimakan pada pukul 11.00 WAS.

Lalu makan siang disediakan pada pukul 12.00-15.00 WAS, paling lambat harus sudah dimakan pada pukul 17.00 WAS. Sementara makan malam disediakan pukul 18.00-21.00 WAS dan paling lambat harus dimakan pada pukul 23.00 WAS.

Jemaah haji Indonesia juga akan mendapat layanan konsumsi satu kali di Bandara Jeddah ketika kedatangan atau kepulangan. Selain itu, jemaah memperoleh pula 16 kali konsumsi, di antaranya selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina berupa makanan siap saji.

Menurut Subhan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah menyediakan serta membagikan makanan tiga kali sehari kepada jemaah dalam waktu yang singkat. Selain itu, Subhan menambahkan, sebaiknya makanan dikonsumsi sesuai waktu yang ditentukan guna menghindari kemungkinan makanan basi atau tidak layak konsumsi. Para jemaah haji Indonesia pun diimbau untuk makan tepat waktu selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Mengingat pentingnya ibadah haji dalam menyempurnakan rukun Islam ini, jemaah dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh dengan cara makan teratur agar stamina tidak menurun. Diketahui, di Arab Saudi terdapat tempat makanan favorit jemaah haji ketika berkunjung ke Tanah Suci.

Follow Berita Okezone di Google News

Apa saja tempat makanan favorit jamaah haji? Berikut daftarnya.

1. Hardee’s

Hardee’s merupakan restoran yang menawarkan menu makanan fast food. Di sini disajikan menu yang beragam. Beef burger menjadi pilihan menu favorit. Tak hanya beef burger, Hardee’s juga menyediakan ayam goreng krispi. Pelayanan yang sigap dan cepat menjadi andalan restoran ini. Dalam waktu singkat, pembeli bisa mendapatkan makanan yang dipesan.

2. Al Habibi Shinwari

Al Habibi Shinwari menyajikan menu khas Pakistan sebagai hidangan utamanya. Berlokasi tidak jauh dari Masjid Nabawi dan Masjid Quba, restoran ini menjadi tempat makan favorit pembeli, tak terkecuali jemaah haji asal Indonesia. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dengan porsi yang lumayan besar.

3. Al Baik

Restoran Al Baik sudah tidak asing lagi untuk para jemaah. Restoran ini sangat terkenal, termasuk di kalangan jemaah haji Indonesia. Lokasi Restoran Al Baik tersebar di berbagai kota di Arab Saudi, termasuk Jeddah, Makkah, Madinah, hingga Riyadh.

Restoran Al Baik pertama kali dibuka pada 1974. Al Baik menjual ayam goreng krispi yang disajikan dengan kentang goreng. Karena terkenal, restoran ini selalu dipenuhi oleh pengunjung bahkan jemaah haji yang rela antre.

4. Retaj Al Bait Restaurant

Restoran yang berlokasi di Abraj Al Bait Shopping Center Makkah ini menawarkan menu internasional hingga cita rasa Timur Tengah dalam konsep open buffet. Harganya sekitar 75 SR, termasuk air putih dan minuman panas. Retaj Al Bait Restaurant menawarkan lokasi dengan suasana yang tenang.

Selain restoran yang menyajikan menu internasional, di Arab Saudi juga terdapat restoran Indonesia yang menyajikan makanan khas Nusantara. Berikut restoran Indonesia yang berada di Arab Saudi.

1. Restoran Batavia

Restoran ini berlokasi di distrik Syarafiyah Kota Jeddah. Restoran Batavia menyediakan menu makanan Indonesia khususnya menu Betawi, seperti kerak telor dan soto. Interior restoran ini didominasi arsitektur Batavia.

2. Rindu Alam Restoran Jeddah

Restoran ini berdekatan dengan RS Abeer. Menu favorit dari restoran ini adalah pempek palembang. Cita rasa yang khas dari restoran ini membuat sering dibanjiri pesanan. Diketahui, di lokasi ini banyak warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal menetap sebagai pekerja profesional hingga guru.

3. Restoran Wong Solo

Restoran Wong Solo menyajikan menu, seperti bubur ayam, lontong cap gomeh, hingga pecel. Dari dekorasinya, restoran ini didominasi arsitektur Indonesia, yang terlihat dari cat dinding maupun interiornya.

4. Warung Bakso Si Doel Karawang

Warung Bakso Si Doel berlokasi di Hotel Royal Andalus, dekat pintu 22 Masjid Nabawi. Jemaah haji dapat menemui salesman warung ini dengan mudah di halaman Masjid Nabawi. Salesman tersebut memegang papan dengan tulisan bakso. Selain bakso, di warung ini pengunjung juga dapat menikmati ayam bakar hingga seafood. 

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini