Share

Kisah Kuli Panggul Pasar Banjarnegara Bisa Naik Haji, Menabung Uang Recehan Selama Puluhan Tahun

Elis Novit, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 393 2611355 kisah-kuli-panggul-pasar-banjarnegara-bisa-naik-haji-menabung-uang-recehan-selama-puluhan-tahun-awwfZTMb3y.jpg Darmin, kuli panggul Pasar Banjarnegara yang berhasil naik haji/Elis Novit

BANJARNEGARA - Warga Desa Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah, Darmin sudah menjadi kuli panggul pasar sejak usia 13 tahun.

Ia bekerja berkeliling dari pasar ke pasar untuk menawarkan jasa menggendong dan memikul barang belanjaan serta dagangan dari para penjual sayur.

Dimulai dari tahun 1980-an, pria berusia 59 tahun ini mendapatkan upah Rp50 perak untuk sekali pikul.

Hingga saat ini, rata-rata pendapatnya adalah Rp5 ribu hingga Rp10 ribu untuk sekali pikul.

Dengan berkeliling dari pasar ke pasar, pendapatan harian rata-rata Darmin bisa mencapai Rp50 ribu.

Siapa sangka dari hasil bayaran jasa kuli panggul yang ia kumpulkan lebih dari 20 tahun, Darmin berhasil mewujudkan mimpinya untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Niatan ingin menjadi Tamu Allah sudah terbesit sejak 20 tahun yang lalu, selama itu juga ia menabung hingga bisa mendaftar berhaji.

Meski kondisinya penuh dengan keterbatasan, hal ini tidak menghalangi niatannya untuk menjalani ibadah di Tanah Suci. Terkabulnya doa untuk berangkat berhaji tahun ini pun menjadi hadiah yang tidak terkira bagi Darmin dan keluarganya.

Tangis haru kebahagiaanpun pecah saat Kemenag mengumumkan dirinya bisa berangkat haji tahun ini.

"Saya senang sekali bisa ngumpulin harta sedikit-sedikit, sudah terkumpul dan bisa naik haji," ungkap Darmin sambil matanya berkaca-kaca.

"Sejak tahun 2008 saya ingin sekali mendaftar nyampe tahun 2011 itu saya terus (berharap), dan akhirnya (bisa) mendaftar," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini