Share

Cara Pembatalan Pendaftaran Haji Khusus hingga Uang Kembali

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 398 2600526 cara-pembatalan-pendaftaran-haji-khusus-hingga-uang-kembali-Lo6ZlwbRYY.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyampaikan proses pengembalian dan pembatalan porsi, khususnya untuk jamaah haji khusus.

 (Baca juga: Kemenag Bertemu Muassasah Bahas Biaya Layanan Haji Khusus, Ini Hasilnya)

"Alur pengajuan bisa dilakukan oleh jamaah melalui PIHK kepada Kementerian Agama," kata Deputi Bidang Keuangan BPKH Juni Supriyanto seperti dilansir Antara, Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Kemudian, Kementerian Agama melakukan verifikasi dokumen permintaan pembatalan, untuk kemudian berkas tersebut dikirim kembali ke BPKH.

Selanjutnya, BPKH melakukan verifikasi keuangan pengajuan surat perintah pengembalian/pembatalan kepada bank. Pada tahap akhir, bank akan melakukan pembayaran kepada jemaah atau ahli waris.

Setelah itu, SLA dengan lima hari kerja maksimum untuk penerbitan SPM (Surat Perintah Membayar) oleh bidang keuangan BPKH, yang di dalamnya termasuk perintah konfirmasi kesediaan dana.

Pengembalian dana haji khusus didasarkan sesuai jumlah jamaah yang diajukan, kemudian yang melunasi BPIH khusus dan berangkat pada tahun berjalan.

Pengembalian dilakukan PIHK sesuai dengan surat pengajuan dari Kementerian Agama dan nomor rekening harus sama dengan dengan yang tercantum pada rekening koran.

Dalam pengelolaan dana haji, BPKH tetap berkomitmen kuat untuk mempertahankan capaian kinerja laporan keuangan yang selama tiga tahun berturut-turut mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini