Share

Cerita Cuaca Panas di Arab Saudi, Menag Ingatkan Jamaah Haji Bawa Semprotan Muka

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 398 2600151 cerita-cuaca-panas-di-arab-saudi-menag-ingatkan-jamaah-haji-bawa-semprotan-muka-dDty088PoK.jpg Menteri Agama, Gus Yaqut (foto: MPI/Dani)

JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap beberapa tantangan yang akan dihadapi selama penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Hal ini disampaikan Gus Men sapaan akrabnya saat berdiskusi dengan Media Center Haji (MCH) 2022 di Kantor Kementerian Agama.

"Tantangannya banyak. 2 hari lalu saya pulang dari Saudi, merasakan betul cuaca di sana," kata Gus Men, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

 BACA JUGA:2.531 Sisa Kuota Haji Diisi Jamaah Berstatus Cadangan, Ini Penjelasan Kemenag

Gus Men menceritakan saat jalan-jalan pagi usai Subuh, suhu udara di sana mencapai 40 derajat celcius. Sementara suhu pada siang hari mencapai 44 derajat hingga 46 derajat celcius.

"Saya bertemu Menteri Saudi, katanya ini belum puncaknya, diperkirakan pas puncak haji 50 derajat, ini perkiraan. Mudah-mudahan meleset," ujarnya.

 BACA JUGA:Usia Calon Jamaah di Atas 65 Tahun Bisa Berangkat Haji pada 2023? Ini Kata Kemenag

Cuaca panas di Arab Saudi diperkirakan akan terjadi hingga 7 tahun ke depan. Hal ini diketahui Gus Men saat dirinya bertanya sampai kapan berlangsung cuaca panas di Arab Saudi.

"Tantangan ini luar biasa," ujarnya.

Gus Men pun mencoba jalan kaki di Madinah saat cuaca panas. Dirinya masih sanggup jalan kaki dari hotel menuju Masjid Nabawi dengan jarak paling jauh sekira 500 meter.

"Saya coba jalan dari hotel terjauh ke masjid dengan cuaca panas, saya masih sanggup. Artinya untuk jamaah usia 65 tahun ke bawah saya optimis pasti bisa," katanya.

Dengan keadaan ini, Menag meminta kepada seluruh jamaah haji untuk memperhatikan kesehatan dan kondisi fisik. Selain itu, Menag juga meminta calon jamaah haji mempersiapkan manasik haji.

"Kemarin saya disarankan Menteri Haji Saudi, bagi orang tak biasa suhu panas di Saudi disarankan bawa semprotan muka," katanya.

Sementara itu, Gus Men memastikan seluruh layanan untuk jamaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah siap. Layanan ini mulai dari akomodasi hingga kesehatan.

"Saya sudah cek semua layanan di Saudi, baik akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan, dan alhamdulillah semua siap," ujar Yaqut dalam keterangan tertulisnya usai kunjungan dari Arab Saudi pada Senin 23 Mei 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini