Share

Kabar Gembira untuk Jamaah Haji! Seluruh Layanan Akomodasi hingga Kesehatan di Arab Saudi Sudah Siap

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 398 2598897 kabar-gembira-untuk-jamaah-haji-seluruh-layanan-akomodasi-hingga-kesehatan-di-arab-saudi-sudah-siap-SR0oCr43LJ.jpg Kabar Gembira untuk Jamaah Haji, Seluruh Layanan Akomodasi hingga Katering Sudah Siap (Foto: Humas Kementerian Agama)

JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan seluruh layanan untuk jamaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah siap. Layanan ini mulai dari akomodasi hingga kesehatan.

"Saya sudah cek semua layanan di Saudi, baik akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan, dan alhamdulillah semua siap," ujar Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Hal ini disampaikan Menag usai melaksanakan lawatan selama lima hari ke Arab Saudi. Dalam kunjungan kerjanya, Menag mengecek kesiapan penyelenggaraan haji di Arab Saudi.

Baca Juga: Cuaca Panas di Arab Saudi, Menag ke Jamaah: Puncak Haji Bisa 50 Derajat Celcius

Sebelumnya, Menag meninjau kesiapan layanan katering untuk jamaah haji Indonesia di Madinah. Menag mengunjungi Nooha Catering Service, salah satu penyedia katering yang akan melayani konsumsi jamaah.

“Saya memastikan setiap dapur katering ada juru masak yang berasal dari Indonesia. Ada juga bahan baku yang diimpor langsung dari Indonesia,” tegas Menag di Madinah.

 

Peninjauan dilakukan Menag dan tim, juga untuk memastikan sanitasi dapur dalam keadaan bersih. Proses memasak juga menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar kesehatan, termasuk ruang penyimpanan bersih dan bahan yang digunakan juga yang terbaik.

“Saya juga memastikan kemampuan dapur dalam menyiapkan makanan sebanyak paket dalam kontrak. Serta memastikan skema distribusi dan alat angkut yang akan dipakai,” ujar Gus Men, panggilan akrabnya.

Selain dapur katering, Menag juga meninjau kesiapan Layanan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. KKHI terakhir digunakan pada musim haji tahun 2019 dan sekarang sudah diaktifkan lagi dengan memperbaiki beberapa fasilitas yang ada.

“Alhamdulillah, layanan kesehatan di KKHI juga sudah siap, baik dari sisi tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya, maupun fasilitas layanan kesehatan, peralatan, dan obat-obatan,” tutur Menag Yaqut.

Menag juga dalam kunjungannya ke Arab Saudi meninjau hotel di Madinah yang akan ditempati jamaah haji Indonesia 1443 H/2022 M.

Menag mengunjungi Hotel Jiwar al Tsaqifah di wilayah Markaziyah Gharbiyyah. Jaraknya 180 meter dari Masjid Nabawi. Menag juga meninjau Hotel Riyadh Azzahra di wilayah Markaziah Syimaliah. Jaraknya 240 meter dari Masjid Nabawi.

"Saya puas dengan kondisi hotel yang dikunjungi. Sebagian besar jaraknya dekat dengan Masjid Nabawi. Kondisinya juga siap menerima jamaah," ucap Gus Men.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini