Share

Tak Cuma RI, UEA Ikuti Aturan Arab Saudi soal Usia Jamaah Haji Maksimal 65 Tahun

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 398 2598806 tak-cuma-ri-uea-ikuti-aturan-arab-saudi-soal-usia-jamaah-haji-maksimal-65-tahun-bGwqWcDRuY.jpg Tak Cuma RI, UEA Ikuti Aturan Arab Saudi soal Usia Jamaah 65 Tahun (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Uni Emirat Arab (UEA) mengikuti aturan soal syarat usia maksimal jamaah haji 65 tahun bagi warganya sesuai yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi.

Hal ini diumumkan oleh The General Authority of Islamic Affairs and Endowments and the National Authority for Emergency, Crisis and Disaster Management (NCEMA) di UEA.

Kedua otoritas telah mencatat bahwa warga negara UEA yang ingin melakukan ibadah haji di Arab Saudi pada 2022 harus memenuhi persyaratan.

BACA JUGA: Kisah Pilu Pedagang Warteg Gagal Berangkat Haji Lantaran Pembatasan Kuota dan Usia 

Berikut 5 persyaratan yang harus dipenuhi warga UEA yang ingin melaksanakan ibadah haji pada tahun ini seperti dilansir saudigazette, Jakarta, Senin (23/6/2022).

1. Pelaksanaan haji tahun ini akan dibatasi hanya bagi mereka yang belum pernah melakukan ibadah haji sebelumnya

2. Hanya warga negara di bawah usia 65 tahun yang diizinkan untuk melakukan haji

3. Hanya mereka yang telah menerima vaksin Covid-19 yang disetujui dan dosis booster

4. Penting dan perlu bagi warga negara untuk menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 dalam waktu 72 jam sebelum kedatangan.

5. Prioritas pelaksanaan haji 2022 adalah bagi mereka yang memenuhi persyaratan, yang terdaftar di e-system haji dan yang datanya telah diperbarui sebelumnya.

 

Kedua otoritas berwenang tersebut memberikan apresiasi kepada Arab Saudi yang telah membuka pintu haji bagi warga UEA. Syarat-syarat ini merupakan dari pemerintah Arab Saudi yang telah dikuti UEA.

Kedua pihak berwenang juga meminta para calon jamaah haji untuk mematuhi semua aturan.

Aturan pembatasan usia jamaah haji juga diikuti oleh pemerintah Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa batasan usia untuk jamaah haji tidak boleh di atas 65 tahun. Batasan tersebut dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Kemudian pembatasan usia pemerintah Saudi juga memberikan batasan usia di bawah 65 tahun dan ini kami pemerintah sudah tegas akan menjalankan ini karena kalau tidak, kalau lebih dari 65 tahun sistem mereka akan menolak," ujar Yaqut dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Selain batasan usia, kata Yaqut, syarat lainnya bagi jamaah yang akan melakukan ibadah haji yakni harus sudah vaksin lengkap atau minimal telah melakukan vaksinasi kedua.

"Dan ini kita sudah usahakan terus ikhtiarkan agar seluruh jamaah haji, calon jamaah haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin selama sebanyak 2 atau vaksin lengkap," kata Yaqut.

"Syarat perjalanan haji yang sudah ditentukan Saudi harus dipenuhi. Tidak boleh ada kecurangan dengan berbagai modus. Saya tidak mau ada kejadian itu," tegasnya.

Menag juga berharap tidak ada pembatasan usia dalam ibadah haji pada tahun depan.

"Semoga tahun depan peraturan sudah berubah, misal tidak ada batasan umur," harapnya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini