Share

Sekjen Kemenag: Tak Ada Petugas 'Superman' tapi Superteam, Layani Jamaah Haji Indonesia dengan Tulus

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 398 2598242 sekjen-kemenag-tak-ada-petugas-superman-tapi-superteam-layani-jamaah-haji-indonesia-dengan-tulus-rysauVbWW7.jpg Tim petugas pelayanan ibadah haji 2022 (Foto: Kemenag)

JAKARTA - Petugas haji yang tergabung dalam Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi diminta fokus pada pelayanan jamaah haji Indonesia. Dengan fokus pada pelayanan jamaah haji, diharapkan dapat mampu menaikkan indeks kepuasan haji 2022.

Tercatat, indeks kepuasan jamaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada tahun 1440H/2019M sebesar 85,91.

"Enggak boleh terjadi penurunan indeks kepuasan jamaah haji. Paling tidak ada peningkatan dari tahun sebelumnya jadi 86, naik 0,5 enggak apa-apa," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali saat penutupan Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (22/5/2022).

Bimbingan teknis PPIH Arab Saudi dimulai pada 16 Mei hingga 22 Mei 2022.

"Bimtek ini sangat penting, tujuannya agar bisa mempersiapkan petugas haji sesuai kompetensi, komitmen, tulus, pelayanan untuk jamaah haji," katanya.

Nizar Ali menitipkan beberapa pesan kepada petugas haji, di antaranya mulai dari jaga soliditas, hindari ego sektoral, mempunyai loyalitas, dedikasi tinggi untuk kepentingan jamaah dan bukan kepentingan diri sendiri.

Kemudian memberikan pelayanan ikhlas untuk jamaah haji Indonesia, mampu mengendalikan diri dan tidak emosional serta memiliki inisiatif yang tidak hingga memberikan solusi.

"Semua petugas satu tim, bukan beda-beda. Tidak ada Superman, yang ada Superteam," tegas Nizar Ali.

Sebelumnya, Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Arsyad Hidayat meminta kepada seluruh calon PPIH Arab Saudi tahun 2022 yang terpilih memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji Indonesia.

"Ketika terpilih (jadi PPIH) melakukan pelayanan terbaik untuk jemaah," kata Arsyad di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (16/5/2022).

Arsyad menambahkan, dengan pelayanan terbaik yang diberikan untuk jamaah haji Indonesia, diharapkan indeks kepuasan haji tahun ini meningkat dibandingkan 2019.

"Saya minta naik (indeks kepuasan haji) tahun ini," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini