Share

Cek Dispenser, Menag Tak Ingin Jamaah Haji RI Kesulitan Dapat Air Minum

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 392 2595777 cek-dispenser-menag-tak-ingin-jamaah-haji-ri-kesulitan-dapat-air-minum-hdjY8eM6L0.jpg Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kemenag)

JAKARTA - Persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 terus dimatangkan. Dengan waktu yang terbatas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh jajarannya mengecek seluruh layanan akomodasi agar jamaah haji Indonesia di Arab Saudi dapat terlayani dengan baik.

Menag ingin memastikan seluruh layanan di Arab Saudi sudah siap sebelum jamaah hadir di Tanah Suci.

"Jangan sampling. Cek seluruh layanan akomodasi," kata Gus Yaqut sapaan akrabnya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (18/5/20202).

Salah satu hal yang diingatkan Gus Yaqut perihal layanan akomodasi seperti mesin cuci di hotel. "Cek apakah sudah tersedia mesin cuci yang kecil. Kalau ada, ada berapa? Ada mesin cucinya, tapi jangan sampai cuma satu di satu hotel, bisa berantem orang. Kalau ada jamaah cuci di kamar mandi lalu dikunci, itu juga bikin marah jamaah lain," ujar Gus Yaqut.

Tak hanya itu, Menag juga mengingatkan soal kebutuhan air minum di dispenser. "Dispenser cek supaya jamaah tidak kesulitan saat akan minum, sehingga jamaah enggak harus beli di luar yang kalau beli mereka bisa enggak kembali ke hotel karena kesasar. Kalau petugasnya cari, petugasnya yang hilang," katanya.

"Kunci kamar juga dipastikan berfungsi. Cek juga kesiapan layanan lainnya," pesannya.

Di sisi lain, Menag juga menekankan bahwa penyelenggaraan haji bukan hanya tugas dan tanggung jawab Kemenag. Banyak pihak yang ikut terlibat, di antaranya Kemenkes, BNPB, Kemenhub, dan lainnya.

"Kerja sama dengan Kemenkes dan BNPB. Harus ada kerja sama yang baik antara Kemenag dengan pihak lain. Jangan sampai ada kluster kluster. Tidak ada petugas Kemenag atau Kemenkes atau lainnya. Yang ada hanyalah petugas haji," katanya.

Tahun ini, Arab Saudi memberikan kuota haji Indonesia sebesar 100.051 orang. Kuota ini terdiri atas 92.825 haji regular dan 7.226 haji khusus. Jamaah akan mulai masuk asrama haji pada 3 Juni dan pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama dilakukan pada 4 Juni 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini