Share

Jamaah Haji RI Tak Harus Pakai Masker? Ini Penjelasan Dirjen PHU Kemenag

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 392 2595679 jamaah-haji-ri-tak-harus-pakai-masker-ini-penjelasan-dirjen-phu-kemenag-dmc55y2OiI.jfif Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief. (Okezone/Dani Jumadil Akhir)

JAKARTA - Masyarakat diperbolehkan melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. Lalu apakah kebijakan lepas masker akan diterapkan pada jamaah haji Indonesia di Arab Saudi?

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan, untuk kebijakan melepas masker menunggu aturan protokol kesehatan (prokes) dari pemerintah Arab Saudi.

"Nanti kita lihat protokol yang akan diberlakukan seperti apa, relaksasi yang sudah diterapkan di sana seperti apa," katanya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (17/5/2022).

Hilman menjelaskan, saat pelaksanaan ibadah umrah sebagian jamaah di Arab Saudi tidak lagi memakai masker.

"Memang waktu umrah kemarin, sudah banyak yang lepas masker, tidak ada jarak, social distancing tidak ada, jadi sudah bebas," ujarnya.

Meski demikian, masih ada protokol kesehatan yang masih diterapkan di Arab Saudi, seperti kewajiban vaksinasi Covid-19 lengkap.

"Tapi masih ada protokol-protokol tertentu yang diterapkan, misalnya vaksinnya dulu. Kalau orang sudah divaksin semua, PCR-nya bersih, apa yang ditakutkan mungkin ke sana arahnya," ujarnya.

Hilman membandingkan kasus Covid-19 di beberapa negara yang tengah melonjak imbas pelonggaran bebas masker.

"Waktu kemarin ada ramai lagi di suatu negara varian baru, ada lagi yang terapkan masker lagi tapi di luar agak bebas. Tapi pas ke sininya ketika sudah aman di masjid pun dibuka (masker)," ujarnya.

Saat ini dirinya masih menunggu aturan terbaru soal prokes ibadah haji.

"Tapi masalah boleh atau tidaknya lepas masker nanti akan ada peraturan yang dikeluarkan. Nanti akan ada protokol-protokol ibadah," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini setelah memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

"Maka perlu saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Jokowi memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, harus tetap memakai masker saat di ruangan tertutup dan transportasi publik.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas diluar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini