Share

Jamaah Haji Mulai Masuk Asrama pada 3 Juni 2022

Widya Michella, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 392 2595576 jamaah-haji-mulai-masuk-asrama-pada-3-juni-2022-e8YsrQO4Ik.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jamaah haji 1443H/2022M akan mulai masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 dan pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama dilakukan pada 4 Juni 2022. Hal ini disampaikan Menag Yaqut usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa,(17/5/2022).

Diketahui, tahun ini Arab Saudi telah memberikan kuota haji Indonesia sebesar 100.051 orang. Kuota ini terdiri atas 92.825 haji regular dan 7.226 haji khusus.

“Kemenag menjalin kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines untuk memberangkatkan dan memulangkan jemaah haji Indonesia,”kata Menag dalam keterangan tertulisnya.

Selama di Arab Saudi, lanjut Menag, jemaah akan menerima layanan akomodasi, konsumsi, transportasi, bimbingan ibadah, dan juga kesehatan.

Untuk akomodasi di Madinah, dipastikan jemaah akan menempati hotel di wilayah Markaziyah dengan jarak terjauh 650 meter dari Masjid Nabawi. Kemudian di Makkah, jarak terjauh hotel Jemaah adalah 4 km dari Masjidil Haram.

“Untuk keperluan ibadah, kami sudah siapkan Bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram pergi pulang,” kata Menag.

“Untuk layanan katering, jemaah akan mendapatkan makan sebanyak 119 kali selama di Tanah Suci, baik di Madinah, Jeddah, Makkah, maupun pada fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” imbuhnya.

Kemudian terkait layanan ibadah, pemerintah juga sudah menyiapkan sejumlah konsultan ibadah yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Mereka adalah para ahli yang memiliki pengetahuan keagamaan, khususnya di bidang ibadah haji.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan Klinik Kesehatan Haji baik di Makkah, Jeddah, dan Madinah, serta sejumlah pos layanan kesehatan. Sarana ini disiapkan untuk memberikan layanan kesehatan secara optimal kepada Jemaah.

“Intinya, pemerintah sudah siap melayani Jemaah haji, mulai dari berangkat hingga kembali ke Tanah Air,” kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini