Share

Jamaah Haji Tidak Boleh di Atas 65 Tahun, Menag Yaqut: Aturannya dari Arab Saudi

Widya Michella, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 392 2595364 jamaah-haji-tidak-boleh-di-atas-65-tahun-menag-yaqut-aturannya-dari-arab-saudi-vHESjkKVLE.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto : YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa batasan usia untuk jamaah haji tidak boleh di atas 65 tahun. Batasan tersebut dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Kemudian pembatasan usia pemerintah Saudi juga memberikan batasan usia di bawah 65 tahun dan ini kami pemerintah sudah tegas akan menjalankan ini karena kalau tidak, kalau lebih dari 65 tahun sistem mereka akan menolak," ujar Yaqut dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Selain batasan usia, kata Yaqut, syarat lainnya bagi jamaah yang akan melakukan ibadah haji yakni harus sudah vaksin lengkap atau minimal telah melakukan vaksinasi kedua.

Baca juga: Ini Bocoran Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Petugas Haji 2022

"Dan ini kita sudah usahakan terus ikhtiarkan agar seluruh jamaah haji, calon jamaah haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin selama sebanyak 2 atau vaksin lengkap," kata Yaqut.

Yaqut menegaskan bahwa pemerintah sudah siap melayani jamaah haji mulai dari keberangkatan hingga pulang kembali nanti di Tanah Air.

"Kita sudah siapkan skema dari A sampai Z termasuk skema protokol yang disarankan," kata Yaqut.

(qlh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini