nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manasik Haji Akan Disempurnakan Tahun Depan, Begini Caranya

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 20:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 14 398 2104906 manasik-haji-akan-disempurnakan-tahun-depan-begini-caranya-FXChqnN5DJ.JPG Jamaah Haji Indonesia (Foto: Okezone)

MADINAH - Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menyempurnakan pola manasik haji sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas ibadah jemaah haji Indonesia.

Penanggung Jawab Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Nizar mengatakan bahwa dalam rapat evaluasi PPIH, penyempurnaan pola manasik menjadi salah satu saran evaluasi PPIH Arab Saudi tahun 1440H/2019M untuk perbaikan haji tahun 2020.

“Tahun depan adalah tahun bimbingan ibadah, maka sejak awal nanti pasca operasional haji ini kira-kira bulan depan akan kita umumkan nominatif jemaah haji tahun 2020, sehingga sejak awal sudah bisa dipetakan bimbingan manasik di tingkat kecamatan,” tutur Nizar saat ditemui usai memimpin Rapat Exit Briefing PPIH Arab Saudi di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (14/9/2019).

Adapun saran evaluasi PPIH tahun 1440H/2019M terkait penyempurnaan pola manasik haji antara lain akan dilakukan sepanjang tahun, berbasis regu dan rombongan, intensifikasi manasik di KUA Kecamatan dengan menyesuaikan pola penyusunan kloter, penyempurnaan kurikulum manasik haji dan menambah buku manasik bagi jamaah uzur, sakit dan lanjut usia.

“Dan basisnya kita juga akan perkuat dengan bimbingan manasik berbasis ketua rombongan dan ketua regu. Kalau ketua rombongannya itu kita back-up penguasaan manasik, ini menjadi agen pembimbing untuk anggotanya yang 44 orang,” imbuh Nizar.

Demikian juga dengan pola manasik haji berbasis ketua regu, sehingga nantinya diharapkan jamaah dapat mandiri dan meminimalisit ketergantungan terhadap konsultan atau pembimbing ibadah.

“Materinya juga spesifik, misalkan bagaimana bimbingan manasik bagi jamaah usia lanjut, selama ini kan hanya satu, padahal perlakuannya berbeda,” tuturnya.

Ia memberi contoh, nantinya buku manasik untuk jamaah uzur, sakit dan lanjut usia akan diberikan keterangan bahwa saat di jamarat, jamaah dapat diwakilkan dalam melontar jumrah.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini