nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Zonasi Jamaah Haji Harus Perhitungkan Kapasitas Hotel

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 20:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 398 2104905 sistem-zonasi-jamaah-haji-harus-perhitungkan-kapasitas-hotel-f5PC1OfPr8.jpg Jamaah Haji Indonesia (Foto: Okezone)

MADINAH - Pemerintah Indonesia akan memertahankan sistem zonasi jamaah haji berdasarkan asal daerah atau embarkasi. Dengan sistem ini, jamaah haji Indonesia dari daerah yang sama ditempatkan dalam satu kawasan yang sama. Sistem zonasi ini memang baru diaplikasikan pada musim haji 2019.

"Tadi sudah dikatakan Pak Dirjen (Haji dan Umrah Nizar) bahwa sistem zonasi akan tetap dipertahankan," kata Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Jumali usai exit meeting di Kantor Daker Madinah, Sabtu (14/9/2019).

Walau begitu, dia memberikan catatan tersendiri terkait pelaksanaan sistem ini. "Harus disertai dengan rancangan ke depan yang terbaik, seperi penempatan, juga alokasi kapasitas hotel," jelas dia.

Dengan memerhatikan posisi penempatan jamaah, sistem zonasi akan menjadi lebih sempurna. Dengan perhitungan yang baik, maka jamaah pada kloter yang sama tidak perlu dipisah karena kapasitas hotel tidak mencukupi.

"Saya kira cukup menarik, ketika tadi disampaikan oleh pak Dirjen mengenai alokasi-alokasi atau kapasitas-kapasitas hotel sehingga tidak ada apa yang disebut dengan pecah kloter," tutur Endang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini