nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Jamaah Tertipu Penggunaan Visa Non-Haji

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 23:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 600 2104689 ini-penyebab-jamaah-tertipu-penggunaan-visa-non-haji-uGjJGdYtJg.jpg Jamaah haji di bandara di Arab Saudi (Okezone.com/Widi Agustian)

MADINAH - Kasus jamaah yang berhaji tetapi menggunakan visa nonhaji memang terjadi setiap tahun. Bahkan, angkanya selalu bertambah tiap tahunnya.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin memaparkan, bagaimana cara para jamaah tersebut bisa sampai menjadi korban penipuan.

"Kebanyakan ini tertipu, rata-rata paspornya dipegang sampai bandara," kata dia.

Dengan dipegangnya paspor jamaah sampai bandara, otomatis visa yang diberikan kepada jamaah tersebut juga baru diketahui saat di bandara jelang keberangkatan.

 Jamaah Haji

Jamaah haji bersiap naik pesawat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar (Okezone.com/Windy Phagta)

Dengan demikian, jamaah haji tersebut dihadapkan pada pilihan sulit, dan sering yang dipilih adalah tetap berangkat karena beberapa alasan.

Pertama, jamaah mengerti jika visa yang digunakan bukan visa haji, tetapi tanggung untuk membatalkan keberangkatan, terlebih sudah di bandara.

Selanjutnya, ada juga jamaah yang tidak mengerti. Karena visa tersebut menggunakan bahasa Arab, dan banyak jamaah yang tidak paham jika itu bukan visa nonhaji.

"Visa bahasa Arab, jadi tidak ngerti. Ada juga yang ngerti, tapi tidak ada pilihan lagi, karena harus boarding," kata dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini