nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manasik Haji Akan Ajarkan Cara Gunakan Toilet di Pesawat

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 14:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 398 2104408 manasik-haji-akan-ajarkan-cara-gunakan-toilet-di-pesawat-uWLGOUtx6H.jpg Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar. (Foto : Okezone.com/Widi Agustian)

MADINAH – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim menyatakan jika 2020 merupakan tahun peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji. Untuk itu, akan ada beberapa hal yang akan dilakukan Kemenag.

Salah satunya adalah peningkatan kualitas manasik haji. Nantinya, manasik haji tidak hanya membahas fikih ibadah haji.

"Tidak hanya soal syari, nanti manasik haji akan diajari juga soal toilet di pesawat," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar di Madinah.

Menkes Nila Moeloek (MCH 2019)

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebutkan, manasik haji tidak hanya mengajarkan melulu soal ibadah haji saja. Dia juga meminta jamaah haji dijelaskan dan diberikan gambaran soal pesawat, termasuk soal toilet ini.

Menurutnya, jamaah haji Indonesia sangat heterogen. Banyak juga yang berasal dari desa yang terkadang tidak pernah keluar kota, bahkan belum pernah naik pesawat.


Baca Juga : Dirjen PHU Kemenag: Lansia Akan Tetap Diberangkatkan Haji, Asal Sehat

"Manasik jangan hanya mengajarkan ibadah haji. Tolong ajarkan juga soal pesawat terbang, toilet di pesawat sampai situasi di Tanah Suci ini," tutur dia.


Baca Juga : 300 Calon Jamaah Haji Tidak Penuhi Syarat Istithaah Tahun Ini

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini