nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

198 Jamaah Haji Sakit Sudah Dipulangkan ke Tanah Air

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 11:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 398 2104319 198-jamaah-haji-sakit-sudah-dipulangkan-ke-tanah-air-t3uXxAmXie.jpg Ilustrasi Jamaah Haji (Foto: Okezone.com/Widi)

MADINAH - Sebanyak 198 jamaah haji yang sakit telah dipulangkan ke Tanah Air. Evakuasi ini dilakukan dengan harapan jamaah sakit tersebut akan membaik kondisinya di Tanah Air.

"Sebanya 198 jamaah yang sakit berhasil kt pulangkan. Dalam posisi duduk, baring, maupun setengah baring," kata Kapuskes Haji Eka Jusuf Singka di Madinah, Kamis (12/9/2019) malam.

Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut, sebanyak 110 jamaah diterbangkan pulang melalui Bandara Jeddah. "Sementara sisanya dari Bandara Madinah," kata dia.

Ilustrasi

Jumlah jamaah yang ditanazulkan ini, kata dia, memang lebih banyak dari tahun kemarin. Dia melanjutkan, hal ini menunjukan jika PPIH pada tahun ini lebih proaktif.

Baca Juga : Ini Poin yang Tak Disetujui Jokowi Dalam RUU KPK

Evaluasi jamaah haji yang sakit ini, kata dia, tentu saja mempertimbangkan kondisi jamaah tersebut. Apabila dinilai sudah mampu untuk diterbangkan, maka akan segera diberangkatkan.

Menurutnya, tanazul jamaah sakit ini merupakan buah dari kerjasama antara PPIH. "Ini hasil kerjasama dengan Kemenag. Mereka yang menyiapkan kursi di pesawat," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini