nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Haji di Arab Saudi Gelar Salat Gaib dan Tahlil untuk BJ Habibie

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 01:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 398 2103747 petugas-haji-di-arab-saudi-gelar-salat-gaib-dan-tahlil-untuk-bj-habibie-Bl4yeejBhb.jpg Petugas haji Indonesia di Arab Saudi melaksanakan Salat Gaib dan tahlil untuk BJ Habibie. (Foto: MCH 2019)

MADINAH – Petugas haji yang masih berada di Arab Saudi menggelar Salat Gaib untuk presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019, pukul 18.05 WIB.

"Ini bagian dari kontribusi kita terhadap keprihatinan meninggalnya seorang tokoh nasional BJ Habibie yang menjadi pelopor dalam demokrasi, teknokrat, dan seterusnya," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar di Kantor Daker Madinah.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD 

Dia menjelaskan, ini merupakan hal rutin yang dilakukan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) jika ada tokoh nasional yang wafat.

(Foto: MCH 2019)

"Tradisi kita dalam operasional haji, bila ada tokoh nasional ataupun tokoh agama meninggal, maka wujud dari kontribusi kita, ya kita hanya memberikan doa kepada mendiang almarhum agar mendapatkan tempat di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala agar mendapat balasan surga dalam konteks ini," jelas Nizar.

Baca juga: BJ Habibie Akan Dimakamkan di TMP Kalibata 

Dia melanjutkan, seluruh petugas yang tengah berada di Kantor Daker Madinah melaksanakan Salat Gaib yang kemudian dilanjutkan pembacaan tahlil.

"Yasin, tahlil, dan doa kalimat toyibah yang pahalanya diperuntukkan untuk almarhum," jelas Nizar.

(han)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini