nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Arab Saudi Hapus Biaya Visa Progresif

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 10:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 398 2103332 ini-alasan-arab-saudi-hapus-biaya-visa-progresif-2dk0YejNzF.JPG Visa Jamaah Haji (Foto: Okezone)

JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan menurunkan visa progresif untuk haji dan umrah yang sebesar 2.000 riyal atau Rp7,6 juta.

Alhasil, Arab Saudi kini mengenakan fee visa secara flat, yakni dikenakan kepada semua jamaah umrah baik yang baru berangkat atau sudah pernah umrah. Besarannya adalah 300 riyal atau Rp1,2 juta. "Ada banyak alasannya," kata Konjen RI, Hery Sarifudin di Jeddah.

Alasan paling utama, kata dia, Pemerintah Arab Saudi ingin menyukseskan targetnya dari penyelengaraan ibadah haji dan umrah ini. "Pemerintah Arab Saudi mempunyai ambisi yang cukup tinggi dalam Saudi Vision 2030," jelas dia.

Menurutnya, pada 2030, Arab Saudi menargetkan jumlah jamaah haji dan umrah sebanyak 30 juta. Tahun depan saja, jamaah haji dan umrahnya ditargetkan naik 10 juta jamaah. "Tahun ini sekira 7-8 juta," kata dia.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa Pemerintah Arab Saudi memang tengah melakukan diversifikasi perekonomiannya untuk tidak mengandalkan dari minyak semata.

Jamaah Haji Indonesia

"Ini kalau kita tarik lagi konsepnya, ingin mendiversifkasi ekonominya bukan hanya dari minyak," tuturnya.

Untuk itu, kini Arab Saudi giat mengejar pemasukan dari pajak, manufaktur dan jasa layanan (services). "Umrah itu dari services," ujar Hery.

(put)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini