nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Menderita Batuk, Ini Bahayanya!

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 23:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 07 398 2101984 jamaah-haji-menderita-batuk-ini-bahayanya-eykcVDIksh.jpg Penanggung Jawab Tim Gerak Cepat Sektor 3 Madinah, PPH Arab Saudi, dr Ronni Juliandri (Foto: Widi Agustian)

MADINAH - Batuk berjamaah tampaknya tengah melanda jamaah haji yang berada di Madinah. Pada akhir musim haji ini, Masjid Nabawi selalu diramaikan dengan suara batuk dari para jamaahnya.

Jika jamaah haji sudah terlanjur menderita batuk-batuk, diharapkan segera diobati. Karena jika tidak, batuk ini bisa berdampak panjang.

"Kalau dibiarkan bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)," jelas Penanggung Jawab Tim Gerak Cepat (TGC) Sektor 3 Madinah, PPIH Arab Saudi, dr Ronni Juliandri, Sabtu (7/9/2019).

Lebih jauh, kata dia, jika sudah terjadi ISPA, maka jamaah yang memiliki penyakit-penyakit kronis bisa kambuh.

Baca Juga: Jamaah Haji Batuk Berjamaah di Masjidil Nabawi, Kenali Penyebabnya! 

Jamaah haji

Untuk itu, dia meminta jamaah haji yang menderita batuk bisa segera ke tenaga kesehatan yang disediakan oleh kloter. "Nanti akan diobati," kata dia.

Pengobatan batuk juga, menurut dia, akan berbeda untuk setiap orang. Misalnya untuk yang telah mengalami infeksi sekunder, akan ada yang diberikan obat antibiotik dan ada yang tidak.

"Sementara bagi yang punya riwayat gangguan pernapasan bisa berobat ke klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI)," kata dia.

Baca Juga: Jamaah Haji Harus Jaga Kemabruran dengan Dua Hal Ini, Apa Itu? 

(Ari)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini