nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Penipuan Calon Jamaah Haji Harus Ditindak Tegas!

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 22:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 398 2101689 pelaku-penipuan-calon-jamaah-haji-harus-ditindak-tegas-TzWcOexxPi.jpg Foto: Reuters

MADINAH - Jumlah WNI yang diamankan pihak keamanan Arab Saudi kian meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kebanyakan mereka adalah korban penipuan dari oknum yang mengaku menguruskan Haji ONH Plus, tetapi ternyata visa yang digunakan untuk memberangkatkan mereka bukan visa haji.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin berharap agar dilakukan penindakan tegas terhadap para pelaku penipuan guna mencegah terulangnya kembali modus penipuan ini.

"Kita bekerjasama dengan pihak terkait di tanah air untuk mengambil tindakan tegas kepada agen yang sudah melakukan penipuan," kata Konjen, Jumat (6/9/2019).

Apa yang dilakukan oknum perusahaan atau travel tersebut, kata dia, sangat merugikan jamaah haji.

"Hanya untuk keuntungan mereka sendiri tanpa memperhatikan kepentingan dan keselamatan jemaahnya," jelas dia.

Ilustrasi

Sebanyak 181 warga negara Indonesia (WNI) ditangkap oleh aparat berwenang Arab Saudi dan telah dideportasi sebelum puncak haji, yakni wukuf di Arafah.

"Selama Agustus, WNI yang sudah dideportasi lebih dari 1.200. Dari jumlah total yang dideportasi selama bulan Agustus tersebut sekitar 600 orang berhaji tanpa visa haji dan tesrekh haji," kata dia.

Dia menyebut, jumlah tersebut tampaknya masih akan bertambah. Mengingat, musim haji belum berakhir dan masih ada jamaah Indonesia yang belum pulang ke Tanah Air

(kha)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini