nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dideportasi, WNI Bisa Di-Black List Arab Saudi Selama 7 Tahun

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 22:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 398 2101684 dideportasi-wni-bisa-di-black-list-arab-saudi-selama-7-tahun-I635fjOs58.jpg Ilustrasi

MADINAH - Selama Agustus 2019, sebanyak 1.200 warga negara Indonesia (WNI) dideportasi dari Arab Saudi. Sebanyak 600 di antaranya akibat berhaji tanpa visa haji.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin menjelaskan, sebelum dideportasi, yang bersangkutan “menginap” dulu di rumah tahanan.

"Sanksi yang kena deportasi, nama yang bersangkutan masuk dalam daftar tangkal (black list) tidak dapat masuk ke Saudi untuk waktu 5-7 tahun (tergantung tingkat kesalahan)," kata dia, Jumat (6/9/2019).

Dia menjelaskan, proses deportasi sendiri dibiayai oleh pihak Kerajaan Arab Saudi. Konjen juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati menyikapi tawaran berhaji.

Ilustrasi

"Imbauan agar jangan mudah tergiur rayuan bisa berangkat haji tanpa antre, sebut dia.

Kepada jamaah calon haji, dia pun mengingatkan untuk mengecek kembali dokumen-dokumen, termasuk visanya.

"Calon haji sebelum berangkat pastikan menggunakan visa haji. Bukan visa kerja, visa ziarah atau visa event/season. Karena bisa dipastikan akan menghadapi masalah pada saat kepulangan karena melanggar keimigrasian," kata dia.

(kha)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini