nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berhaji Tanpa Visa Haji, 600 WNI Dideportasi Selama Agustus

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 21:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 398 2101674 berhaji-tanpa-visa-haji-600-wni-dideportasi-selama-agustus-iElKindKMC.jpg Ilustrasi

MADINAH - Sebanyak 181 warga negara Indonesia (WNI) ditangkap oleh aparat berwenang Arab Saudi dan telah dideportasi sebelum puncak haji, yakni wukuf di Arafah.

"Selama Agustus, WNI yang sudah dideportasi lebih dari 1.200. Dari jumlah total yang dideportasi selama bulan Agustus tersebut sekitar 600 orang berhaji tanpa visa haji dan tesrekh haji," kata Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Jumat (6/9/2019).

Dia menyebut, jumlah tersebut tampaknya masih akan bertambah. Mengingat, musim haji belum berakhir dan masih ada jamaah Indonesia yang belum pulang ke Tanah Air.

"Diperkirakan masih banyak WNI yang selesai berhaji yang tidak menggunakan visa haji dan diperkirakan akan menemui masalah saat kepulangan nanti," jelas dia.

Ilustrasi

Musim haji tahun ini, kata Hery, jumlah WNI yang diamankan pihak keamanan Arab Saudi kian meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kebanyakan mereka adalah korban penipuan dari oknum yang mengaku menguruskan Haji ONH Plus, tetapi ternyata visa yang digunakan untuk memberangkatkan mereka bukan visa haji

"KJRI Jeddah akan mengawal dan memberikan pelayanan dan perlindungan kepada mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai bentuk kehadiran negara di tengah-tengah warganya," ungkapnya.

(kha)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini