nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kloter Terakhir Jamaah Haji Gelombang II Berangkat ke Madinah Hari Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 18:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 398 2101585 7-kloter-terakhir-jamaah-haji-gelombang-ii-berangkat-ke-madinah-hari-ini-pI5E7oq41m.jpg Jamaah haji di Bandara Arab Saudi. (Foto : Dok Okezone.com/Widi Agustian)

MADINAH – Seluruh jamaah haji Indonesia telah meninggalkan Makkah menuju Madinah, pada hari ini. Sebanyak tujuh kelompok terbang (kloter) terakhir diberangkatkan ke Madinah untuk menjalani sunah Arbain atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi sebelum pulang ke Tanah Air.

Kepala Daerah Kerja (Daker) PPIH Mekkah Subhan Cholid mengatakan, pemberangkatan tujuh kloter terakhir berlangsung bertahap dari pukul 06.00 hingga 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Dimulai dari kloter 39 Embarkasi Ujung Pandang (UPG), kloter 22 Embarkasi Medan (MES), kloter 96 Embarkasi Solo (SOC) pada pukul 06.00 WAS.

Kemudian kloter 40 UPG, kloter 19 Embarkasi Banjarmasin (BDJ) pada pukul 10.00 WAS; kemudian kloter 97 SOC pada pukul 11.00 WAS, dan kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN) pukul 12.00 WAS.

Pendorongan jamaah haji dari Makkah ke Madinah menggunakan bus. Perjalanan memakan waktu sekitar 5-6 jam dengan kecepatan bus rata-rata 100 kilometer per jam.

Meski masa tinggal telah usai, tapi masih ada jamaah haji sakit yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Kota Makkah.

421 Jamaah Haji Kloter 41 Embarkasi Surabaya Tiba di Madinah

Berdasarkan data per 4 September, sebanyak 14 jamaah dirawat di KKHI Makkah dan 68 orang lainnya di RSAS.

Menurut Subhan, bagi jamaah sakit yang dinyatakan sembuh dan layak terbang, maka akan diikutkan dengan kloter-kloter yang ada. Namun jika kloter sudah habis, maka pemerintah tetap akan memberikan pendampingan.


Baca Juga : 5 Tempat di Madinah yang Harus Dikunjungi Jamaah Haji

"Pemerintah akan mengantarkannya hingga ke rumah masing-masing, kapan pun setelah jamaah sembuh dan layak terbang," katanya.

Subhan menegaskan, petugas Daker Makkah tidak ikut berangkat ke Madinah meski Kota Mekkah telah kosong dari jamaah haji. Mereka tetap tinggal di Makkah selama dua hari sebelum pulang ke Tanah Air.

"Tinggal dua hari saja kok (jadwal pulang setelah jamaah meninggalkan Kota Makkah-red). Bisa digunakan untuk persiapan pulang," katanya.


Baca Juga : Gunakan Visa Kerja dan Ziarah, 181 WNI Diamankan Aparat Saudi

(erh)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini