Jamaah Haji Diminta Jaga Baik-Baik Paspornya

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 398 2100599 jamaah-haji-diminta-jaga-baik-baik-paspornya-IFvudBiT3S.jpg Jamaah Haji 2019 Kenakan Batik saat Hendak Pulang dari Arab Saudi ke Indonesia (foto: Okezone/Widi Agustian)

MADINAH - Jamaah haji Indonesia yang bersiap atau sudah dalam tahap kepulangan ke Tanah Air diingatkan menjaga dengan baik dokumen miliknya seperti paspor. Ini demi menjaga agar proses pemulangan ke Tanah Air bisa berjalan lancar.

"Beberapa kali saya menemukan jamaah yang sudah sampai di bandara tiba-tiba paspornya ketelingsut atau hal lainnya sehingga hilang," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah Arsyad Hidayat di Madinah.

Baca Juga: Jamaah Haji Wajib Kenakan Seragam Batik saat Pulang ke Tanah Air 

Berkaca dari pengalaman petugas haji inilah, imbauan muncul untuk kembali mengingatkan jamaah haji Indonesia agar berhati-hati dengan barang bawaannya, termasuk paspor.

Jamaah Haji 2019 saat Hendak Pulang dari Arab Saudi ke Indonesia (foto: Okezone/Widi Agustian)	 

Sebab bila dokumen penting hilang bisa menghambat proses pemulangan.

"Ada beberapa jamaah yang terpaksa ditunda kepulangannya karena faktor paspor yang tidak ada tapi terus kami bantu dibuatkan SPLP, baru besok hari atau penerbangan berikutnya mereka bisa pulang ke tanah air," ungkap dia.

Selain itu, dia meminta jamaah haji tetap harus menjaga kesehatannya menjelang pemulangan ke Indonesia. Sehingga kondisi saat pulang ke Tanah Air masih prima.

Baca Juga: Kenapa Masih Ada Jamaah Masih Menggunakan Visa Non-Haji?

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini