nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hotel Jamaah Haji Khusus Tidak Penuhi Standar, Kok Bisa?

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 18:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 398 2100222 hotel-jamaah-haji-khusus-tidak-penuhi-standar-kok-bisa-ejWx89r2Qg.jpg Ilustrasi jamaah haji (Foto: Ist)

MADINAH - Salah satu temuan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terhadap penyelenggaran ibadah haji khusus adalah hotel yang tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM).

Kepala Daerah Kerja PPIH Madinah Akhmad Jauhari menjelaskan, salah satu yang menyebabkan terjadinya penurunan status hotel.

"Di Madinah sendiri pada 1440 hijriah ini, ada perubahan status hotel. Ada yang tadinya bintang 4, downgrade jadi bintang 3. Dan ini jumlahnya cukup banyak," kata dia, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga: Berangkat Haji dengan Visa Ziarah, Ini Risiko yang Harus Ditanggung

Dia memaparkan, paling tidak ada dua alasan kenapa hotel di Madinah tersebut sampai mengalami downgrade. "Kami pernah berbincang-bincang dengan manajemen hotel kenapa sampai terjadi downgrade tersebut," kata dia.

Haji

Pertama, karena fasilitas hotel. Dan kedua karena alasan ekonomis. "Dari sisi fasilitas tadinya bintang 4, jadi turun ke bintang 3. Ada juga yan turun karena alasan ekonomis," kata dia.

Tim pengawas PIHK pun akan mengkaji hal ini lebih lanjut. Evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh agar hal tersebut tidak sampai terjadi lagi pada musim haji selanjutnya.

"Ini temuan pengawas. Bagaimama SPM yang ada, dan kontrak antara jamaah dengan PIHK direalisasikan di Arab Saudi," kata dia. (ari)

Baca Juga: Jamaah Haji Gunakan Visa Ziarah dan Pekerja, Kemenag Lakukan Penyelidikan

(amr)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini