nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Kepulangan, Jamaah Haji Jangan Lakukan Aktivitas Berlebihan

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 398 2097163 jelang-kepulangan-jamaah-haji-jangan-lakukan-aktivitas-berlebihan-wfwrWz7s0t.jpg Jamaah haji di Tanah Suci. (Foto: Okezone)

MADINAH – Jamaah haji Indonesia telah memasuki fase kepulangan. Oleh karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meminta jamaah bisa menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan berlebihan.

Paling tidak ada tiga kegiatan yang patut diwaspadai oleh jamaah haji, dan jangan membuat diri kelelahan hingga jatuh sakit.

Baca juga: Separuh Jamaah Haji Indonesia Sudah Tinggalkan Makkah Al Mukaramah 

Pertama adalah ibadah. Untuk jamaah haji gelombang II, jamaah akan berada di Kota Madinah sekira delapan sampai sembilan hari untuk mengerjakan salat arbain, yakni salat berjamaah 40 waktu berturut-turut di Masjidil Nabawi tanpa putus.

Kegiatan ibadah seperti ini memang harus diprioritaskan oleh jamaah haji. Walau begitu, jamaah tetap harus bisa mengukur diri agar tidak terlalu memaksakan.

Kedua, kegiatan ziarah ke tempat-tempat tertentu. Aktivitas ini bukan merupakan pokok ibadah haji. Sehingga, jamaah tidak perlu memaksakan diri mengikuti kegiatan ini.

"Jadi upaya kami, kami sampaikan terus. Tidak bosan-bosan agar jamaah jangan melakukan kegiatan yang berlebihan," kata Kepala Seksi Kesehatan PPIH Daker Madinah dr Edi Supriatna di Madinah.

Baca juga: Forum Haji ASEAN Akan Dibentuk, Apa Pentingnya? 

Ketiga, aktivitas belanja oleh-oleh. Aktivitas ini adalah salah satu aktivitas yang menguras energi. "Jamaah fokus ke kepulangan. Sudahi belanjanya," imbau Edi.

Menurut dia, jamaah haji gelombang II yang ada di Madinah segera diberangkatkan pulang beberapa hari lagi. Pihaknya terus mengimbau jamaah jangan berlebihan dalam beraktivitas.

"Penyuluhan harus dilakukan sering. Edukasi harus secara langsung dilakukan ke jamaah," tutur dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini