nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semangat Ibadah Turun hingga Emosional Jadi Permasalahan Jamaah Haji Gelombang II

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 08:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 24 398 2096038 semangat-ibadah-turun-hingga-emosional-jadi-permasalahan-jamaah-haji-gelombang-ii-eGumYArMFj.jpg Jamaah haji di Tanah Suci. (Foto: Okezone)

MADINAH – Jamaah haji gelombang II terus berdatangan di Madinah. Sebelumnya para jamaah haji ini mengawali kedatangan di Makkah.

Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi Kusnul Hadi menjelaskan, berdasarkan pengamatan selama tiga hari masa kedatangan jamaah haji di Makkah, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil.

Baca juga: 7.575 Jamaah Haji Khusus Sudah Pulang ke Tanah Air 

"Ada unsur gengsi. Jadi kalau (ada jamaah terlihat bingung), ditanya apa dia tersesat? Dia akan bilang tidak," kata Kusnul, Jumat 23 Agustus 2019.

Oleh karena itu, pihaknya pun giat melakukan pendekatan individu dan personal. Kemudian, karakter jamaah yang emosional perlu diwaspadai.

"Yang perlu kita waspadai adalah masalah emosional. Karena uang sudah tidak ada, pengin cepat pulang juga," tutur Kusnul.

Baca juga: Penyelenggaraan Haji Indonesia Dipuji Malaysia dan Turki, Ini Alasannya! 

Terakhir, dia menyebut ada penurunan minat jamaah untuk beribadah. Dirinya pun berharap jamaah tetap giat beribadah.

"Ada semacam ungkapan di hatinya, sudah mampu menyelesaikan semuanya, sudah mabrur. Ada rasa yang berbeda dengan jamaah gelombang I," ungkap Kusnul.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini