nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jabal Magnet dan Daya Tarik Wisatanya

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 22:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 599 2095486 jabal-magnet-dan-daya-tarik-wisatanya-2H5J6QLN6V.jpeg Jabal Magnet, salah satu destinasi di luar kota Madinah (Sitria H/MCH)

MADINAH - Jabal Magnet merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi jamaah haji. Jangan ditanya mengenai kemisteriusan lokasi ini, banyak teori dan hipotesa tentang bukit ini.

Jabal Magnet merupakan sebuah bukit yang berada di luar kota Madinah, Arab Saudi. Lokasinya sendiri bukan lagi berada di Tanah Suci.

Di lokasi ini, banyak keanehan yang terjadi. Di bukit ini, mobil bisa berjalan sendiri tanpa mesin dinyalakan walau jalan menanjak.

Konon kabarnya, itu karena adanya daya magnet yang kuat di antara gunung-gunung yang berada di sana.

 Jabal Magnet

Ada juga pendapat yang menyebutkan jika yang terjadi itu adalah sebuah ilusi optik. Di mana lereng menurun tampaknya muncul sebagai sebuah lereng bukit. Wallahu a'lam.

Apapun teori yang beredar, tetap keanehan Jabal Magnet menjadi daya tarik menarik banyak jamaah untuk menyaksikannya. Otomatis, hal ini menjadi potensi wisata tersendiri di lokasi ini.

Pantauan Okezone, di Jabal Magnet kini banyak "wahana" yang bisa memanjakan para jamaah yang singgah ke lokasi ini.

Tidak hanya menjadi saksi keanehan Jabal Magnet, jamaah juga bisa bermain-main di lokasi ini. Mulai dari naik unta, hingga naik motor ATV.

"Sepuluh riyal saja," kurang lebih begitu penjaga stan penyewaan motor dan unta ketika ditanya berapa harga sewanya.

 Jabal Magnet

Dengan tarif segitu, jamaah memang hanya diberikan waktu sedikit. Tapi, cukup lumayan lah, masih bisa sedikit berpose di atas unta, untuk dibagikan di sosial medianya.

Tapi tidak hanya itu saja, ada beberapa lokasi di dekat Jabal Magnet yang dikhususkan untuk tempat wisata.

Di sana, jamaah akan dijamu dengan nuansa khas Arab Saudi. Hidangan yang disajikan mulai dari kopi Arab, teh dengan rasa daun mint, hingga cemilan yang tentunya tidak ada di Indonesia.

Bahkan, jika jamaah mau, bisa disediakan makanan sesuai yang dipesan. Mau kambing guling hingga nasi khas Arab, sangat mungkin bisa terhidang di meja jamuan.

Di lokasi seperti ini juga, jamaah juga difasilitasi dengan kostum-kostum khas Arab Saudi. Mulai dari kostum jubah khas Pangeran Arab hingga kostum putri-putri khas Arab.

"Masuknya cuma lima riyal," begitu kata sang pemilik tempat.

Jabal Magnet yang misterius pun kini ramai akibat daya tariknya. Tidak hanya oleh medan magnetnya, tapi juga oleh potensi wisatanya.

1
2

Berita Terkait

Wisata Religi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini