nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hikmah Naik Haji di Usia Muda

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 18:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 398 2095375 hikmah-naik-haji-di-usia-muda-iEhUL2D2ht.jpg Jamaah Haji Muda, Akbar Ghaus (foto: Widi/Okezone)

MADINAH - Naik haji di usia muda memang bukan perkara mudah di Indonesia. Pasalnya, masa tunggu haji di Indonesia relatif masih cukup lama.

Pada 2019 ini, jumlah jamaah lanjut usia (lansia) jumlahnya mencapai sekira 62% dari total 231.000 jamaah asal Indonesia. Karena itu, tampaknya tidak akan mudah bertemu dengan jamaah haji yang masih masuk kategori milenial di Tanah Suci ini.

Padahal, usia muda akan memudahkan jamaah untuk menunaikan ibadah haji. Pasalnya, ibadah ini adalah ibadah yang banyak menguras energi.

"Haji itu (seperti) olahraga yang butuh kekuatan fisik, dan itu membutuhkan usia muda," kata salah satu jamaah dari embarkasi Surabaya, Akbar Ghaus Arisyagaf di Madinah.

 Haji

Akbar yang masih berusia 25 tahun menyebut keberangkatannya dalam usia relatif muda karena inisiatif orang tuanya untuk mendaftarkan dia dalam usia belia.

"Alhamdulillah, didaftarkan orang tua saat berumur 13-14 tahun, atau kelas 1-2 SMP. Sekarang bisa pergi haji," jelas dia.

Sarjana Kedokteran dari Universitas Airlangga ini mengatakan, dirinya sangat bersyukur bisa naik haji di usia masih muda. Dia pun bisa naik haji sambil menjaga kedua orang tuanya yang pergi bareng dengan dirinya.

"Saya sangat bersyukur sekali, karena tidak semuanya dapat kesempatan seperti saya, " tutur dokter muda ini.

Selain itu, dia juga merasakan keajaiban doa. Doa yang dia panjatkan di Tanah Suci, bahkan ketika dia belum pulang ke Indonesia, sudah mulai terkabulkan.

"Saya doa minta jodoh, sudah ada tanda-tanda ini," ungkap dia.

Selain itu, dia yang ketika awal tiba di Tanah Suci ternyata langsung sakit tipes, dapat pulih dengan cepat, seiring dengan doa yang dihaturkan.

 Haji

Dia bercerita, saat melakukan umrah sunah ketika pertama tiba di Tanah Suci, untuk miqat pun dia untuk jalan pun susah.

"Waktu umrah, di depan Kakbah saya berdoa, besoknya Alhamdulillah sehat kembali," tutur dia.

Dengan menjalani haji di usia muda, dirinya berharap tingkat keimanannya kian menebal usai selesai menjalanan ibadah tersebut.

"Namanya haji sedini mungkin, fisik masih kuat. Dengan keajaiban doa, iman juga meningkat. Jadi ibadahnya ke belakang juga semakin bagus," tutur dia.

1
2

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini