nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbedaan Madinah dan Makkah yang Perlu Diketahui Jamaah Haji Gelombang II

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 19:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 398 2094934 perbedaan-madinah-dan-makkah-yang-perlu-diketahui-jamaah-haji-gelombang-ii-5syE8nBJkd.jpg Jamaah Haji Gelombang II Tiba di Madinah Sebelumnya dari Makkah, Arab Saudi (foto: Widi Agustian/Okezone)

MADINAH - Jamaah haji gelombang dua mulai tiba di Kota Madinah dari sebelumnya di Kota Makkah. SUB 41 mengawali kedatangan jamaah gelombang II.

Kasektor 5 Madinah Khalilurahman mengatakan, karakteristik jamaah haji gelombang II dan gelombang I berbeda. Jamaah gelombang II mengawali awal kedatangan di Makkah dan ke Madinah selepas puncak haji.

Baca Juga: Kloter Embarkasi Surabaya Awali Kedatangan Jamaah Haji Gelombang II 

Sementara jamaah gelombang I sebaliknya, mengawali kedatangan di Madinah, lalu menjalani puncak haji dan selepasnya berada di Makkah.

"Karakteristik jamaah haji berbeda dari gelombang II dengan gelombang I. Kami memberikan layanan edukasi dan komunikasi, yang kami sampaikan tentang perbedaan layanan di Madinah dan Makkah," jelas dia, Rabu (21/8/2019).

Jamaah Haji Gelombang II dari Makkah Tiba di Madinah (foto: Widi Agustian/Okezone)	 

Dari sisi akomodasi, dia melanjutkan, hotel di Madinah tidak menyediakan mesin cuci hingga dilarang memasak di dalam kamar. "Juga larangan menempel-menempel. Itu agar jamaah jangan terkejut, dari sisi akomodasi," tambah dia.

Dari sisi suhu, dia menyebut suhu di Madinah umumnya memang lebih panas ketimbang Makkah. "Cuaca di Madinah beda, suhunya 40-44 derajat celcius," kata dia.

Dengan situasi seperti itu, dia mengimbau jamaah jangan sampai meninggalkan sandal di Masjid Nabawi. "Jangan sampai berangkat ke masjid, dan meninggalkan sandal di penitipan, dan jangan sampai dititipkan di temannya, dan dibawa temannya masing-masing," jelas dia.

Dari aspek keamanan, dirinya meminta jamaah jangan membawa uang yang berlebihan. Jangan sampai terjadi tindak kejahatan penipuan kepada jamaah seperti pada jamaah gelombang I."Jangan bawa barang berharga dan uang berlebihan," tegas dia.

Baca Juga: Lama Antrean Haji di Malaysia Sampai 121 Tahun 

Tak lupa, dengan banyaknya jamaah haji yang meninggal, jamaah harus .elengkapi diri dengan alat pelindung diri.

"Jangan lupa bawa masker, air dan kacamata," ungkap dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini