nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Garuda Gangguan Teknis, Kepulangan Jamaah Haji Solo Delay 10 Jam

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 00:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 21 398 2094543 pesawat-garuda-gangguan-teknis-kepulangan-jamaah-haji-solo-delay-10-jam-S0NJKnqr3T.jpg Ilustrasi kepulangan jamaah haji. (Foto: Ist)

JAKARTA – Jamaah Haji Kloter 9 Embarkasi Solo mengalami keterlambatan (delay) penerbangan hingga 10 jam. Pemicunya pesawat Garuda Indonesia yang akan mengangkut mereka mengalami gangguan teknis.

"Hari ini memang ada kejadian SOC 9 delay. Ada permasalahan teknis pesawat yang akan membawa jamaah SOC 9 di embarkasi, di Bandara Solo sana," kata Kepala PPIH Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah Arsyad Hidayat ketika memberikan penjelasan, di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Selasa 20 Agustus 2019.

Baca juga: Apa Bisa Masa Tinggal Jamaah Haji di Arab Saudi Dipersingkat? 

Akibatnya, jadwal penerbangan diundur menjadi sekira pukul 20.00. Padahal, jamaah haji SOC 9 sudah tiba di bandara sejak subuh.

"Sebelum subuh sudah tiba. Kami berikan makan. Setelah dapat info (delay) itu, kami komunikasi dengan pihak maskapai untuk minta difasilitasi, ditransitkan di hotel," jelas Arsyad.

Dia melanjutkan, pihaknya pun melakukan koordinasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi agar jamaah yang sudah masuk bandara bisa keluar lagi untuk istirahat di hotel.

"Jamaah masuk hotel sekira pukul 10–11," kata Arsyad.

Baca juga: Tingkat Kematian Naik, Jamaah Haji Diminta Banyak Beristirahat 

Rencananya jamaah akan diterbangkan pukul 20.00 WAS. Dengan demikian, jamaah harus sudah ada di bandara lima sampai enam jam sebelumnya, yakni pukul 15.00.

Selanjutnya, jamaah akan melakukan hal yang sama seperti biasa ketika hendak pulang.

"Mudah-mudahan tidak ada delay lagi," tutur Arsyad.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini