nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Gelombang II Mulai Tiba di Madinah pada 21 Agustus

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 02:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 20 398 2094078 jamaah-haji-gelombang-ii-mulai-tiba-di-madinah-pada-21-agustus-uT8S4XCdav.jpg Jamaah haji Indonesia di Madinah. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MADINAH – Jamaah haji Indonesia gelombang II akan mulai bergeser dari Makkah menuju Madinah pada 21 Agustus 2019.

"Akhir kedatangan jamaah haji gelombang II dari Makkah ke Madinah tanggal 6 September 2019," tulis surat edaran yang ditandatangani Kepala PPIH Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, Senin 19 Agustus 2019.

Baca juga: Ini Kelebihan Eyeb, Fasilitas Kepulangan Cepat Jamaah Haji 

Berbeda dari jamaah haji gelombang I yang turun di Bandara Price Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, jamaah gelombang II turun di Bandara King Abdul Azis Jeddah.

Dari Jeddah, jamaah haji gelombang II langsung menuju Makkah untuk melakukan umrah wajib dan mukim di kota kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tersebut hingga pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

(Foto: Widi Agustian/Okezone)

Setelah itu, baru jamaah gelombang II digeser menuju Madinah. Salah satunya adalah untuk menunaikan ibadah arbain atau salat 40 waktu berjamaah berturut-turut di Masjidil Nabawi, Madinah.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag RI, jumlah jamaah haji gelombang II sebanyak 122.015 orang.

Baca juga: Diuji Coba, Sistem Pulang Cepat Diharap Bisa Akses Setengah Jamaah Haji Indonesia 

Jamaah haji gelombang II tersebut pulang ke Tanah Air adalah pada 30 Agustus sampai 16 September 2019. Mereka akan dipulangkan melalui Bandara Madinah.

"Waktu pemberangkatan kloter dari hotel menuju Bandara Madinah 6 jam, 1 jam perjalanan dan 5 jam proses check-in sebelum jadwal take-off pesawat," jelas dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini